Manfaat Makan Daging Kepiting

Bagi para penggemar masakan, menyantap menu hidangan laut (seafood) seperti daging kepiting seringkali menjadi penyebab kewas-wasan tersendiri. Masalahnya daging kepiting sering dianggap mengakibatkan naiknya kolesterol dalam tubuh.

Tidak heran kalau banyak orang membatasi saat menyantap makanan satu ini, padahal faktanya, meyantap daging kepiting tidaklah selalu berakibat negatif. Karena daging tersebut diperkaya dengan asupan nutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan daging kepiting juga dapat memelihara kesehatan jantung.

Manfaat Sering Konsumsi Kepiting Bagi Kesehatan Tubuh

Bahkan ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi daging kepiting sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu.  Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi 45% dari tubuhnya memiliki potensi untuk memperkuat tubuh dari dalam.

Tak hanya itu, daging berwarna putih kemerahan ini juga memiliki sederet manfaat kesehatan lainnya, di antaranya :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Daging kepiting mengandung asam lemak omega 3, selenium serta tembaga yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kelebihan kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkatkan resiko serangan jantung serta stroke.

Kandungan mineral selenium memiliki kegunaan dalam menghindarkan kerusakan sel tubuh yang ditimbulkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung. Dalam sebuah penelitian juga memperlihatkan bahwa binatang ini juga mengandung sterol yang menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresi kolesterol dalam masalah tinja.

Pengeroposan tulang (osteoporosis) sebenarnya dapat dicegah dengan sering konsumsi daging kepiting. Hal ini dikarenakan kepiting mengandung protein yang tinggi, serta mineral copper yang membantu proses pembentukan jaringan-jaringan serta syaraf tulang.

2. Memelihara Kesehatan Mental dan Sistem Kekebalan Tubuh

Dikemas dengan beraneka nutrisi, seperti tembaga, vitamin b2, selenium dan asam lemak omega 3, daging kepiting sangat bagus untuk merawat sistem syaraf dalam tubuh terutama otak. Daging kepiting juga berguna untuk melindungi sistem syaraf, menurunkan peradangan dan plak pada saluran syaraf, serta menjaga mental supaya senantiasa sehat dan bugar.

Bagi yang was-was mengidap penyakit pada saat musim pancaroba, sebaiknya mencoba manfaat makanan laut dengan memakan kepiting. Protein, asam lemak omega 3, dan mineral selenium dengan kandungan pada kepiting.

Kehadiran selenium di dalamnya telah dikaitkan dengan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh sehingga menghindarkan radikal bebas dari menyerang sistem kekebalan tubuh, dengan demikian menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

3. Mencegah Kanker Prostat dan Kerusakan Sel

Kepiting memiliki kandungan selenium dalam jumlah besar. Kandungan tersebut dapat menghilangkan efek karsinogenik cadmium, arsenic, perak serta merkuri. Hal ini dapat membantu mempercepat penghapusan sel kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti daging kepiting dapat mencegah penyebaran kanker prostat ke bagian tubuh lainnya.

Salah satu kandungan penting terdapat pada daging kepiting yaitu selenium, yang merupakan mineral penting pembantu pencegahan kerusakan potensial sel serta jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu selenium juga memliki peran penting dalam berfungsinya hormon tiroid dengan melindungi kelenjar tiroid terhadap kerusakan oksidatif sehingga membantu dalam produksi hormone tiroid.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka Serta Peradangan

Luka dan cidera memerlukan banyak waktu dalam proses penyembuhannya, dengan mengkonsumsi daging kepiting dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Sebab protein yang terkandung dalam daging kepiting , vitamin B12, dan mineral zinc berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Protein pada kepiting dapat memulihkan jaringan-jaringan rusak, sedang vitamin B12 dan mineral zinc membantu memproduksi jaringan-jaringan darah merah.

Kandungan mineral dan nutrisi lain pada daging kepiting juga diklaim ampuh untuk menurunkan peradangan yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri.

Kandungan asam lemak omega 3, tembaga, dan selenium, yang diperoleh dalam daging kepiting juga dapat meredakan nyeri akibat asam urat, radang sendi, hingga pengapuran tulang.

Tembaga termasuk dalam tipe mineral yang sangat bagus untuk membudidayakan fungsi organ tubuh, salah satunya ialah meningkatkan produksi sel darah merah. Sehingga dengan menyantap daging kepiting yang mempunyai kandungan tembaga, dapat meningkatkan peredaran darah, serta memantau penyebaran oksigen dalam tubuh.

5. Menjaga Kulit, Mata dan System Saraf 

Dalam 100g daging kepiting mengandung 29 iu vitamin a, hal ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Sebab vitamin a mengandung senyawa organic seperti retinol, retina, asam retinoat serta beta karoten yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Apabila penglihatan sehat maka penyakit degenerasi macula serta katarak dapat dicegah.

Riboflavin atau disebut sebagai  vitamin b2 dibutuhkan untuk menghasilkan molekul lemak (steroid), sel darah merah untuk menjaga kulit, mata serta system saraf. Riboflavin berfungsi untuk membantu menyerap zat besi di sistem pencernaan lalu memecah protein, lemak dan karbohidrat untuk memasok energi ke tubuh.

6. Menstabilkan Kadar Insulin dan Menurunkan Berat Badan

Kepiting kaya akan kromium yang dikatakan dapat mengurangi gula darah,kadar insulin dan menyeimbangkan tingkat insulin pada diabetes jenis 2. Jadi bagi penderita diabetes, dapat mengkonsumsi daging kepiting tanpa gelisah banyak perihal efeknya.

Daging kepiting sangat rendah kalori dan hanya mengandung sekitar 1,5 g lemak dalam 100 g. Lalu sisa kalori berasal dari protein.Ini membuatnya menjadi pilihan makanan laut yang sempurna bagi penderita obesitas, atau yang mencoba untuk tetap sehat.

7. Membantu Perkembangan Janin

Bagi ibu hamil dan menyusui lebih disarankan untuk memakan manfaat kepiting ini 1 sampai 2 kali dalam satu minggu. Kadar proteinnya tinggi serta komponen asam lemak omega-3nya membantu proses membentuk membran sel pada otak janin serta bayi.

Penyakit anemia juga dapat diatasi dan dicegah dengan sering memakan daging kepiting, karena vitamin B12, mineral copper, dan mineral zinc pada hewan ini mempunyai peran penting dalam memproduksi jaringan-jaringan darah merah.

8. Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

Bagi kaum perempuan yang selalu memperhatikan perawatan tubuh, memakan kepiting sangat bagus untuk kecantikan. Mineral zinc yang dikandungnya dapat menghindarkan rambut rontok dan dalam vitamin B12 dapat menjaga syaraf serta jaringan-jaringan kulit.

Kandungan kolesterol kepiting terbilang cukup tinggi, yaitu 76 mg/100 gram, sementara kolesterol rekomendasi untuk dimakan perharinya tidak lebih dari 300 mg. Untuk itu, supaya mendapatkan fungsi dari kepiting, maka makanlah secukupnya dan jangan makan berlebihan, karena yang akan ditemukan bukan lagi manfaat melainkan penyakit.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment