Manfaat Makan Ikan Patin 4.5/5 (2)

Ikan patin memiliki sejuta  manfaat, hewan ini merupakan tipe yang masih satu keluarga dengan lele,  juga termasuk dalam tipe yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya olahan ikan patin yang ada, mulai dari sayur sup, gulai, hingga abon terbuat dari daging serta tulangnya.

Ikan patin mempunyai rasa gurih dan lembut. Hampir semua bagian tubuhnya dapat dimakan. Daging dan kepalanya dapat diolah menjadi kuliner lezat, sedangkan bagian tulangnya bisa menjadi kaldu ikan yang juga sama lezatnya. Olahannya mengandung bumbu rumit, sehingga menghadirkan cita rasa menggugah selera.

Manfaat Konsumsi Ikan Patin Bagi Kesehatan

Ikan patin sangat kaya akan manfaat jika sering mengkonsumsi atau memakannya. Kandungan lemak pada ikan patin lebih rendah dibanding tipe lain, terutama dua asam lemak esensial DHA yakni kurang lebih sebesar 4,74 % dan EPA yakni kurang lebih sebesar 0,31 %. Kedua tipe omega-3 asam lemak ini umumnya dihasilkan dari tipe yang hidup di air dingin seperti salmon, tuna, dan sarden.

  Cara Budidaya Maggot Lalat BSF

Kadar lemak total dengan kandungan dalam dagingnya ialah sebesar 2,55 % sampai dengan 3,42 %, dimana asam lemak tak jenuh nya ialah di atas 50 %. Asam oleat ialah asam lemak tak jenuh tunggal yang amat sering mengandung di dalam daging ikan patin yakni sebesar 8,43 %.

Dengan banyaknya kandungan gizi pada ikan patin maka terdapat manfaat – manfaat yang dapat diperoleh apabila rutin mengkonsumsi jenis ini antara lain :

1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Kandungan lemak tak jenuh ADA pada daging patin memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh, yakni menghidarkan dari ancaman jantung koroner. Jantung koroner termasuk dalam tipe penyakit sangat parah yang masih dapat dicegah.

Mengkonsumsi daging patin dapat menghindari risiko mengidap penyakit ini karena kandungan lemak tak jenuh ADA dalam ikan patin tidak mengendap di dalam pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah lancar tidak terhambat.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Daging dari ikan patin dapat membantu dalam menghindarkan penyakit yang punya hubungan dengan sistem kardiovaskuler. Hal ini ditimbulkan oleh lemak tak jenuh ADA di dalam dagingnya, sangat memiliki kegunaan dalam menghindarkan penyakit ini. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ini mencapai 50% dari total menyeluruh nilai gizi dengan kandungan di dalam ikan patin.

  Cara Budidaya Ikan Louhan

3. Mengontrol Kandungan Kolesterol

Selain menghindarkan penyakit kardiovaskular dan jantung koroner, kandungan lemak tak jenuh ADA pada daging ikan patin dapat juga dapat memantau kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga bisa menjadi pilihan bagus untuk yang mempunyai keluhan kolesterol tinggi.

4. Membantu Pembentukan Otot

Ikan patin juga bagus untuk yang lagi dalam program diet karena mengandung protein tinggi, yang bisa membantu tubuh menambah massa, menguatkan, dan mengencangkan otot. Selain untuk otot, protein juga dapat menjaga daya tahan dan imunitas tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsiumnya juga cukup tinggi, hal ini dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis.

6. Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Para ibu hamil disarankan untuk memakan daging ikan patin secara rutin untuk mengoptimalkan perkembangan bayi selama masa kandungan. Ikan patin mengandung DHA dan omega 3, berguna untuk mempertahankan kesehatan janin selama dalam kandungan, menjaga perkembangan janin tetap normal dan sehat.

7. Ikan Patin Memiliki Berbagai Keunggulan Yang Baik Bagi Kesehatan

Ikan patin sendiri, mempunyai beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu kesukaan. Keunggulan ini antara lain :

  • Memiliki kandungan gizi tinggi

Ikan patin mempunyai kandungan gizi sangat tinggi. Paling tidak, mempunyai nilai kandungan protein dan lemak tak jenuh ADA sangat tinggi. Kedua tipe zat ini sangatlah mempunyai kegunaan bagi kesehatan tubuh, untuk mencegah penumpukan lemak dan penyumbatan pada pembuluh darah, mempercepat perkembangan otot, mencegah terjadinya beraneka macam penyakit, seperti kardiovaskuler dan jantung koroner.

  • Rendah kolesterol

Ikan patin merupakan  rendah kandungan kolestrolnya. Ini termasuk dalam keunggulan terpenting dalam manfaatnya, terutama bagi yang mempunyai penyakit kolesterol atau sedang melakukan diet.

  • Tekstur dagingnya lembut dan gurih

Salah satu keunggulan dari ikan patin ialah tekstur dari dagingnya yang gurih dan halus. Hal ini membuatnya menjadi kesukaan dari segala kalangan masyarakat, terutama di Indonesia. Dengan tekstur lembut ini maka cocok juga sebagai lauk untuk MP-ASI balita.

  • Hampir seluruh bagian tubuhnya bisa diolah

Tak hanya daging dan kepalanya saja, tulang dan durinya ternyata juga dapat diolah. Salah satunya yaitu abon, yang juga melibatkan duri dari ikan patin dalam pembuatannya. Hal ini membuat hampir semua bagian tubuhnya dapat diolah dan dimakan.

  • Mudah ditemui

Ikan patin merupakan jenis yang mudah ditemui. Hampir setiap pasar tradisional maupun modern menjualnya. Ikan patin juga termasuk dalam jenis yang bisa dibudidayakan dengan cukup mudah.

  Ciri Ikan Lele

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!