Manfaat Sering Konsumsi Ikan Bandeng

Ikan bandeng sudah lazim beredar dan dimakan setiap harinya oleh masyarakat khususnya di indonesia. Ciri istimewa yang menempel pada ikan bandeng yakni jumlah duri terbilang banyak dan tersebar di seluruh badannya, sehingga wajib waspada ketika ingin memakannya.

Maka dari itu banyak dari masyarakat menyiasati permasalahan ini dengan memakai cara presto. Dengan memakai cara presto ini, duri yang dimiliki oleh bandeng akan lebih lunak dan bisa dimakan secara langsung. Ikan bandeng yang dikenal mungkin umumnya hidup di air tawar, padahal dalam kenyatannya, binatang ini mampu hidup baik di air tawar maupun air laut.

1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung termasuk dalam pembunuh nomor 1 di dunia sehingga dengan sering mengkonsumsi Ikan bandeng dapat mencegah sakit jantung koroner. Untuk menurunkan resiko penyakit jantung koroner pun sebetulnya ada bermacam-macam macam.

Seperti dengan memakan kacang-kacangan misalnya kacang almond, kacang mete, lalu buah naga, dan ikan bandeng. Cara memakan bandeng jika ditujukan untuk menurunkan resiko penyakit jantung koroner juga terbilang mudah, yakni cukup dengan merebusnya dan memakan dengan rutin.

Berdasarkan dari sebuah pengecekan, suku dari eskimo yang tinggal di greenland mempunyai prevalensi dari pengidap sakit jantung amat rendah. Hal sama pula terjadi di jepang, di jepang sangat jarang diperoleh orang yang mempunyai penyakit jantung koroner.

Hal ini dikarenakan orang eskimo dan orang jepang suka sekali makan ikan, Orang jepang dan eskimo sering memakan ikan dalam situasi belum dimasak (belum matang), atau lebih sering disebut sashimi.

Sashimi merupakan makanan yang memiliki banyak protein ikan. Orang jepang suka sekali mengonsumsi makanan tersebut, dengan bahan utama ikan segar dalam kondisi belum matang. Pada dasarnya, orang jepang dan eskimo senang makan ikan dalam jumlah besar.

Sehingga kesempatan untuk terjangkit penyakit kardiovaskuler maupun sakit jantung bisa lebih ditekan, khususnya bagi penderita penyakit jantung koroner. Dalam satu hari, orang eskimo mengkonsumsi ikan sejumlah 300¬-400 gram dan juga orang jepang sering mengkonsumsi 100-200 gram ikan dalam sehari-harinya.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Ikan bandeng mempunyai kandungan lemak tak jenuh cukup tinggi, dengan mengkonsumsi secara rutin ikan bandeng mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh ini dapat menyetarakan dan mengurangi kandungan lemak jahat dan kolestrol jahat yang terdapat di dalam tubuh.

Seseorang yang cepat terjangkit penyakit jantung koroner ialah manusia yang memiliki jumlah kolesterol lebih dari 300 mg/dl. Tapi, ancaman dari penyakit kolesterol tak mungkin terwujud jika rajin makan ikan. Itu diakibatkan pada setiap tubuh ikan mempunyai simpanan minyak ikan amat tinggi.

Kegunaan minyak ikan (cold liver) yang terdapat pada tubuhnya, mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh yang baik bagi kebugaran jantung yakni asam lemak omega.

3. Mengurangi resiko osteoporosis

Sering mengkonsumsi ikan bandeng ternyata terbukti mampu mengurangi resiko penyakit kerapuhan pada tulang atau oestoproosis. Penyakit ini dapat terjadi karena tulang kekurangan zat kalsium sehingga mudah keropos dan rapuh.

Biasanya ostoporosis menyerang individu dengan usia lanjut, dan kandungan kalsium dalam bandeng mampu membantu menurunkan resiko terinfeksinya penyakit osteoporosis.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi (hypertensi)

Ikan bandeng juga terbukti dapat menurunkan resiko tubuh dalam mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sama seperti yang sudah disebutkan, untuk menurunkan resiko hipertensi, disarankan untuk mengolahnya dengan menggunakan cara direbus, dan bukan digoreng.

Selain memakai ikan bandeng, ada sebuah cara lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi semisalnya, memakan umbi talas, bawang putih, atau kol.

5. Mengurangi resiko pikun

Penyakit pikun atau secara ilmiah disebut alzheimer sudah kerap diderita individu berumur lanjut. Penyakit alzheimer mempunyai beberapa ciri seperti diantaranya sulit melafalkan kata-kata dan penurunan tenaga berfikir terutama dalam mengenali.

Kandungan omega 3 yang terdapat di dalam ikan bandeng ini mampu menurunkan resiko terkena alzheimer, kelebihan kandungan omega 3 di dalamnya ini yakni sangat sulit hilang sekalipun dimasak dan diolah dalam suhu tinggi.

6. Membantu mencegah stroke

Penyakit stroke umumnya terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah terlalu tinggi. Maka dari itu, dengan memakan ikan bandeng yang pertama tekanan darah akan jadi turun dan resiko penyakit stroke akan berkurang.

7. Menyehatkan system kardiovaskuler

Manfaat mengonsumsi ikan bisa menghindari terjadinya penyakit berat, seperti gagal jantung, atau penyakit-penyakit berat lainnya. Olahan yang diperhatikan bisa menghindarkan akumulasi trigliserida, menurunkan adanya tingkat trigliserida berlebihan, dapat meningkatkan hdl (kolesterol yang bagus), dan menghindari timbulnya pembekuan darah. Hal tersebut secara menyeluruh bisa memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

8. Kaya Akan Kandungan Gizi

Pada kehidupan aslinya atau di alam liar ketika masih kecil, ikan bandeng hidup di air tawar sehingga mempunyai kandungan gizi baik yang beragam.  Tetapi ketika sudah besar atau dewasa, mampu hidup di air laut, Jadi secara siklus berkawin. Ketika dewasa bertelur, akan menuju ke daerah asal air tawar dan meninggalkan telurnya di air tawar.

Anakan ikan bandeng yang beranjak dewasa akan berenang kembali menuju ke air laut dan begitu seterusnya. Jika dilihat dari harga yang ditawarkan, juga tidak terlalu mahal dan lebih terjangkau sehingga mudah ditemui di pasar.

Ikan bandeng mempunyai beberapa kandungan gizi di antaranya seperti vitamin A, vitamin B1, fosfor, kalsium, lemak, protein, zat besi dan omega 3.

  • Vitamin a

Ikan bandeng ternyata mempunyai kandungan vitamin A tinggi, terbukti, 100 gr daging mengandung 150 IU vitamin A. Kandungan ini akan sangat berguna bagi keperluan pemenuhan vitamin A tubuh. Berguna untuk menjaga kesehatan mata, mencegah terjadinya gangguan pada mata serta menjaga daya tahan/kesehatan tubuh.

  • Vitamin b1

Di dalam ikan bandeng terdapat kandungan vitamin B1 yang berguna untuk merubah karbohidrat menjadi energy dalam tubuh terutama otak serta system saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan penyakit beri – beri atau sindrom wernicke-korsakoff.

  • Fosfor

Setiap 100 gr ikan bandeng, mengandung 150 mg fosfor, tentu saja kandungan fosfor ini sangat bagus untuk memenuhi keperluan tubuh akan fosfor. Fosfor sendiri berguna untuk menjaga kesehatan tulang serta memperkuat tulang dan gigi.

  • Kalsium

Ikan bandeng juga termasuk dalam tipe ikan laut tinggi kalsium, nyatanya, dalam 100 gr daging, terkandung 20 mg kalsium. Paling tidak, kandungan tersebut dapat membantu pemenuhan keperluan tubuh akan kalsium setiap harinya.

Manfaat kalsium bagi tubuh yaitu untuk memperkuat , memperkokoh serta menjaga kesehatan tulang dan gigi, menambah tinggi badan, mencegah osteoporosis.

  • Protein

Setiap 100 gr daging ikan bandeng, mengandung 20 gr protein, dan hal ini tergolong kandungan yang tinggi. Berikut ini fungsi dari protein dalam ikan bandeng membantu pembentukan dan mengencangkan otot. Selain itu juga membantu proses pengikatan lemak, menguatkan tubuh dan menambah masa otot.

Perlu diperhatikan, untuk dapat memperoleh manfaat protein dari ikan bandeng ini seandainya mengolahnya dengan menggunakan cara direbus, bukan digoreng.

  • Zat besi

Dalam 100 gr daging ikan bandeng terkandung 2 mg zat besi, yang bermanfaat untuk mencegah anemia, mengontrol produksi darah dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Omega 3

Apabila selama ini ada anggapan bahwa salmon ialah ikan yang mempunyai kandungan omega 3 tertinggi, maka anggapan ini salah besar. Faktanya ialah,  kandungan omega 3 pada salmon hanya 1/6 dari bandeng, berarti kandungan omega 3 dari bandeng jauh lebih tinggi dibandingkan salmon. Omega 3 ini berguna untuk perkembangan otak, menjaga kesehatan dan mengoptimalkan perkembangan janin.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!