Cara Membersihkan Mata Kucing Persia

Penyebab mata kucing persia peaknose jadi kotor sangat beragam, sehingga beragam pula cara membersihkan kotoran dan penyakit bisa secara alami atau dengan obat.. Banyak jenis yang selama ini beredar di Indonesia tetapi menurut pengamatan kami, Jenis ras Anggora dan Persia tergolong paling banyak diminati.

Kucing Persia jenis peakhose (orang – orang menyebutnya pesek) menjadi dambaan para cat lovers karena intensitas bulu lebih lebat dari jenis lainnya. Tapi dibalik keindahan bulu lebatnya, si mpuss persia mempunya kelemahan yaitu seringnya timbul kotoran.

Ada banyak perihal dapat kita lakukan untuk membersihkan kotoran mata kucing persia semoga artikel ini sedikit membantu anda.

Kucing Persia Peaknose Sakit Mata

Penyebab Mata Kucing Persia Peaknose Kotor

Cara merawat jenis persia tergolong tidak terlalu sulit, namun tetap perlu berhati-hati. Sebagai salah satu kucing jenis import yang masuk ke Indonesia, tentu butuh penangan khusus untuk menjaga kesehatannya.

Perawatan ini mencangkup berbagai aspek, mulai dari konsumsi makanan, bahkan memandikannya pun berbeda dari jenis biasa (agak manja). Terutama pada bagian mata kucing sering timbul kotoran.

1. Luka Di Mata Kucing

Sifat lunak serta tidak terlindungi membuat organ ini rentan terluka, sifat kucing yang suka beraktivitas dan bermain, terkadang membuat bagian mata tanpa sengaja tergores. Selain menyebabkan penglihatan menjadi kabur, ternyata saat tergores bisa menjadi lebih berbahaya, karena rawan berlanjut ke radang konjungtiva.

Bakteri ikut masuk ke dalam luka memicu timbulnya radang konjungtiva di kucing, sehingga membuatnya menjadi perih hingga panas. Radang konjungtiva biasa ditandai dengan keluarnya cairan bening di bagian pinggir mata, sebagai upaya membersihkan dan meringankan rasa sakit.

2. Mata Kucing Ada Cacing

Salah satu penyebab sering terjadinya mata kucing kotor yaitu adanya cacing di bagian dalamnya, walaupun ukurannya tergolong kecil, tapi masih bisa terlihat tanpa alat bantu. Cacing mampu menyebabkan gatal atau mengganggu sistem penglihatan.

Jika kalian melihat cacing ini segera bawa ke dokter hewan, hal tersebut karena penyakit cacing di mata kucing tergolong serius, serta cukup berbahaya karena mencangkup organ vital.

3. Nasolaccrimal Occlusion

Nasolaccrimal adalah penyakit pemicu gangguan di organ pengeringan mata dari air. Dalam tubuh meong terdapat sistem pengatur waktu kapan cairan di indra penglihatan keluar dan berhenti, Jika organ tersebut bermasalah, maka air akan keluar secara berlebihan, atau bahkan tidak keluar.

4. Kurangnya Menjaga Kebersihan

Ini hal utama yang sangat umum sebagai penyebab penyakit yakni kurangnya menjaga kebersihan, jadi jangan bosan membersihkannya. Semakin bersih kondisi tubuh maka akan membuat hewan piaraan terhindar berbagai macam penyakit, serta memiliki umur panjang.

Cara Membersihkan Mata Kucing Persia Peaknose Kotor

Kondisi mata yang kotor dan kurang terjaga tentu sangat mempengaruhi pesona dari seekor kucing. Ada beragam hal bisa dipakai untuk membuatnya kembali kembali seperti sedia kala. Namun biasanya para pemula tidak mengetahui caranya, mari simak sedikit tips dibawah :

1. Masukkan Ke Dalam Kandang Besi Atau Kayu

Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora KandangWajib hal pertama kita lakukan dalam mengatasi meong sedang sakit, yaitu dengan memasukkannya ke dalam kandang, agar infeksi tidak menular pada lainnya.

2. Menggunakan Air

cara membersihkan mata kucing peaknose dengan air

Cara ini tergolong termurah dan termudah untuk menghilangkan kotoran mata kucing persia peaknose, serta sangat aman dari resiko efek samping. Walaupun sebagai cara termudah tetapi kita harus tetap berhati-hati, adapun tahapan-tahapannya seperti dibawah :

1. Air Dingin

Menyediakan air bersih di dalam wadah bak kecil sebagai tempat menyeka. Penting bagi kita mengecek terlebih dahulu kebersihan cairan yang akan digunakan untuk membersihkan mata kucing persia berselaput, kondisi kurang bersih akan membuat kondisi penyakit menjadi lebih parah.

Menyediakan handuk kecil berbahan halus atau waslap guna membersihkan secara lembut bagian ketiak organ penglihatan . Membasuh bagian pinggir selaput putih bisa menggunakan handuk atau waslap yang telah di celupkan.

Hati – hati dalam membasuhnya, cek terlebih dahulu kebersihan handuk atau waslap selanjutnya lakukan secara perlahan.

2. Air Hangat

Selain menggunakan air dingin, kita juga boleh memakai air hangat untuk melenyapkan kotoran, terutama saat menemui belek telah mengendap. Dengan menggunakannya maka kotoran akan dengan mudah terangkat tanpa membuat persia peaknose merasa kesakitan.

Kondisi suhu terlalu panas bisa mengakibatkan si mpuss merasa kurang nyaman. Jika anda masih ragu, silahkan gunakan takaran 1 gayung air dingin, ditambah setengah gelas air panas.

3. Obat Untuk Mengatasi Mata Kucing Keruh

Sudah banyak obat beredar di toko hewan, tidak terkecuali obat yang berfungsi melenyapkan kotoran di bagian mata kucing persia peaknose. Gunakan obat dengan sewajarnya jika belekan tak kunjung sembuh.

1. Mengobati Mata Kucing Persia Kotor Dengan Sirih
manfaat rebusan daun sirih untuk kucing
Foto Sirih

Kita boleh menggunakan sirih sebagai obat alami membersihkan mata si meong, karena sudah terbukti kaya dengan manfaat, dan tidak mempunyai efek samping. Daun sirih kaya akan antibiotik baik untuk mengantisipasi berbagai penyakit, serta pemanfaatannya sebagai obat tergolong mudah.
1. Pertama-tama bersihkan bagian pinggir mata secara perlahan dengan kapas sampai dirasa cukup bersih.
2. Bersihkan daun sirih yang telah dipetik tadi lalu rebus dangan air hingga mendidih.
3. Tunggu hasil rebusan hingga dingin sempurna.
4. Teteskan secara perlahan larutan yang sudah dingin tadi ke indra penglihatan.
5. Gunakan pipet untuk meneteskan larutan hasil rebusan sebanyak 1-2 tetes.
6. Ulangi setiap hari hingga penyakit belekan sembuh.

2. Penggunaan Obat Terramycin Untuk Kucing
cara menggunakan salep terramycin untuk kucing
Foto Terramycin

Produk salep ini memang sudah banyak digunakan, serta terbukti mampu mengatasi atau mengobati infeksi di kucing atau anjing. Penggunaannya juga sudah mendapat anjuran dari banyak orang, atau komunitas karena sangat menimal efek samping.

Salep ini sangat dianjurkan jika infeksi terlanjur parah, bisa dilihat dari munculnya selaput di bagian indra melihat. Selaput tersebut jika telat penanganan akan berubah menjadi lebih serius , bahkan sampai menyebabkan kebutaan.

Cara memberikan obat salep Terramycin dalam mengobati infeksi persia peaknose juga tergolong mudah, Cukup oleskan secara tipis pada mata yang tertutup 1x sehari.

4. Pergi Ke Dokter Hewan

Jika dirasa dengan melakukan berbagai langkah di belekan persia peaknose belum hilang, Mungkin sudah saatnya membawa ke dokter hewan. Walaupun dengan mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, tapi piaraan akan ditangani secara profesional. Dokter akan menentukan obat mana yang tepat, serta perawatan pas untuk diberikan ke persia kita.

Demikian sedikit Cara Membersihkan Kotoran Pada Mata Kucing Persia. Semoga artikel ringkas diatas bisa membantu dan menyelesaikan masalah kesehatan pada piaraan kesayangan anda serta bantu sebarkan jika dirasa artikel bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :
Mengobati Kucing Muntah Cacing Penyebab kucing mengalami muntah sangat beragam sekali, cacing adalah salah satunya. Muntah cacing adalah gejala klinis berupa keluarnya cacing besert...
Cara Menjodohkan Kucing Persia Cara Menjodohkan Kucing Persia Beserta Panduannya - Pemelihara kucing tipe tertentu misalnya persia atau anggora biasanya mengawinkan kucing mereka de...
Cara Mengusir Kucing Liar 6 Cara Mengusir Kucing Liar Bandel Ampuh dan Cepat - Biasanya orang penyuka binatang akan menjadikan kucing liar sebagai binatang piaraan kesayangan k...
Cara Mengatasi Kucing Jamuran Kucing terutama jenis persia dan anggora tergolong dalam salah satu binatang yang banyak di pelihara komplek perumahan atau perkampung. Tapi tidak men...
Cara Mengobati Scabies Kucing Cara Efektif Menghilangkan Scabies pada Kucing - Binatang yang tidak terawat dan terjaga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit salah satunya ...
Cara Memandikan Kucing Liar Kucing liar dapat dijumpai di berbagai tempat terutama ditempat kumuh daerah perkotaan. Cara memelihara meong sangat beragam ditentukan dari jenisnya ...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!