Memotong Kuku Kucing

Cara memotong kuku kucing galak ternyata punya aturan sendiri, Kita tidak bisa secara asal memotong, karena dapat membuatnya berdarah atau tercabut, serta menjadi pemicu infeksi bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Kegunaan kuku kucing juga sangat banyak selain gigi taringnya, bagian tubuh ini juga berguna untuk menangkap mangsa. Ada sebagian orang yang beranggapan si meong tidak membutuhkannya karena dapat merusak peralatan rumah tangga. Karena masalah ini banyak pada akhirnya memilih untuk memotong alat mencakar ini.

cara-memotong-kuku-kucing

Cara Memotong Kuku Kucing Galak

Jika kita pergi ke petshop biasanya potong kuku sudah satu paket dengan memandikan, tapi ada bagusnya jika kita memotong sendiri terutama pada piaraan kita. Biasanya kucing yang galak akan membutuhkan sedikit penanganan extra dan penuh kelembutan.

1. Menekan Pada Bagian Telapak Kaki

Dengan menekan bagian pada telapak kaki kucing, kita dapat dengan mudah memotong, hal tersebut karena kuku akan nampak seluruhnya selanjutnya tinggal kita memotongnya secara perlahan.

2. Memperhatikan Posisi Alat Pemotong

Pemotongan kuku kucing dapat dilakukan dengan posisi penggunting dari atas ke bawah, usahakan untuk tidak memotong dari samping karena bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman dan beresiko membuat kuku pecah.

3. Memotong di Bagian yang Benar

Potong kuku si meong hanya pada bagian ujung, usahakan jangan terlalu dalam atau sampai terkena dagingnya. Memotong terlalu dalam dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, sebisa mungkin potong sesuai kebutuhan jika dirasa sudah tidak panjang / tajam hal ini sudah cukup.

4. Membersihkan dan Haluskan

Setelah memotong kita dapat menghaluskan bagian kuku dengan menggunakan kikir, harap berhati – hati agar kucing yang galak merasa nyaman. Selanjutnya lakukan pembersihan pada bagian tersebut dengan kapas yang telah diberi air.

Tips dalam Memotong Kuku Kucing Galak

cara-memotong-kuku-kucing-2

Walaupun kucing bukan termasuk hewan liar tapi memang ada sebagian bersifat galak. Kebanyakan dari ras kampung lebih agresif daripada jenis anggora, persia atau jenis import lainnya. Kami akan berbagi sedikit tips dalam memendekkan kuku kucing yang galak.

1. Melatih Sejak Kecil

Jika kita mempunyai kucing sejak kecil (adopsi) ada baiknya untuk melatih potong kukunya, jika sudah terbiasa dipotong, si mpus akan lebih mudah serta tenang pada pemotongan selanjutnya. Penjadwalan potong kuku dimulai saat kucing telah dewasa tentu lebih menyulitkan karena akan membuatnya lebih galak dan suka mencakar.

2. Memperhatikan Kapan Waktu yang Tepat

Biasanya kuku si meong akan kembali panjang setelah 2 minggu sehingga perlu biasakan untuk memotong setiap 2 minggu sekali. Potong sedikit demi sedikit lebih bagus daripada sekali potong langsung pendek. Sediakan papan untuk melatih / tempat mencakar kuku yang dapat dibeli di petshop dengan nama board claws.

3. Memberi Jeda

Agar kucing galak kita merasa nyaman saat kuku dipotong, ada baiknya di kasih jeda waktu pemotongan antar kaki. Beri jeda antara satu sampai dua hari pada setiap bagian kaki. Selain dapat membuat nyaman, hal ini juga mengurangi timbulnya sifat galak si kucing.

Tips Memotong dengan Gunting Kuku Manusia

cara-memotong-kuku-kucing-3

Sama halnya dengan cara menggunakan gunting pemotong kuku kucing, hal wajib untuk di pastikan adalah ketajaman pemotong. Kuku termasuk bagian tubuh yang keras dan mudah pecah, ada baiknya mengecek ketajaman alat pemotong untuk menghindarkan kuku berdarah atau pecah.

Kita harus mengajari memendekkan kucing sejak berumur 2 bulan, dengan mengajari dari kecil maka akan membuatnya menjadi terbiasa. Semakin sering diajari akan membuat proses pemotongan semakin mudah saat dewasa.

Hukum Memotong Kuku Kucing Dalam Islam

Menurut beberapa sumber hasil pencarian potong kuku pada kucing diperbolehkan dalam islam. Namun perlu digaris bawahi bahwa tujuan kita demi menjaga kebersihan dan kesehatan, Bagian kuku yang boleh dipotong hanya bagian ujungnya yang lancip dengan batas maksimal setengah centi meter.

Perlu di ingat bahwa hanya diperbolehkan memotong sedikit saja karena jika sampai habis akan menimbulkan dosa. Kuku kucing adalah alat pertahanan diri dan juga alat mencari makan, jadi perlu hati – hati dalam memotongnya.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!