Mengatasi Kucing Berak Sembarangan

8 Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Kucing Berak Sembarangan. Terkadang kucing suka berak secara sembarangan terutama di pojokan dalam rumah yang sangat membuat jengkel. Kebiasaan buruk ini dapat diatasi dengan menggunakan sedikit cara tergolong simpel dan sangat mudah.

Kucing tergolong hewan pintar dan sangat mudah untuk dilatih, Memberikan latihan secara teratur akan membuatnya berhenti berak di sembarang tempat terutama dalam rumah.

Cara mengatasi kucing berak sembarangan, memang tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Selain membutuhkan latihan rutin, perlu disediakan berbagai tempat untuk menunjangnya.

Penyebab Kucing Berak Sembarangan

kucing-berak-sembarangan

Kucing membuang kotoran sembarangan di dalam rumah memang sangat menjengkelkan, tapi kita tidak bisa menyalahkan dia. Besar kemungkinan memang belum mengetahui tempat yang benar.

Walaupun hewan pintar tapi dia tetap membutuhkan bimbingan dan latihan, kurangnya bimbingan akan membuatnya terlihat liar dan suka poop di sembarangan tempat. Jadi ketahui terlebih dahulu penyebab kucing berak sembarangan sebelum mengatasinya.

  1. Sakit

    Kucing sakit terutama bagian pencernaan akan lebih cenderung membuang poop secara sembarangan. Keadaan dipicu karena feses menjadi lebih lunak (Mencret), sehingga feses keluar sebelum sampai ke kotak pasir yang telah di sediakan.

    Ada baiknya segera diberikan perawatan karena mencret dapat membuat penderitanya dehidrasi (kurangnya cairan didalam tubuh). Untuk mengetahui penyebab sakit, ada baiknya membawanya ke dokter hewan terdekat.

  2. Keracunan

    Terkadang kucing lebih suka memakan makanan tercecer di sembarangan tempat. Kebiasaan tersebut dapat membuat makanan yang telah terkontaminasi dengan bakteri atau bahan beracun ikut masuk ke dalam tubuh.

    Racun terbawa dari makanan akan menggangu bagian dalam tubuh terutama organ pencernaan. Sehingga membuat meong akan muntah – muntah bahkan sampai mencret di sembarang tempat.

    Mengganti produk makanan yang biasa dimakan juga bisa menjadi penyebab membuang feses sembarangan. Makanan tidak cocok akan mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh si mpus.

    Penting untuk mengganti produk kembali ke sebelumnya jika makanan tidak cocok, Berbagai Gejala Kucing Keracunan.

  3. Tergoda Ras Lain

    Kucing merupakan hewan sangat pintar meniru perilaku baik itu majikannya ataupun hewan lain. Saat melihat kucing liar poop sembarangan maka kucingmu akan lebih cenderung meniru perilakunya.

    Kebiasaan ini akan dibawa ke dalam rumah dan menyebabkan berak di sembarang tempat.

Cara mengatasi Kebiasaan Kucing Berak Sembarangan dengan mudah

kucing-berak-sembarangan-gambar

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, tinggal bagaimana cara sobat mengatasi kucing melakukan berak secara sembarangan tersebut. Butuh waktu teratur untuk mengajari berak pada tempatnya.

  1. Memasukkan Kandang

    Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan kucing berak sembarangan, dengan memasukkannya ke dalam kandang . Nantinya dia akan kencing/poop di dalam kandang. Jangan lupa untuk selalu bersihkan kandang secara rutin agar kesehatan kucingmu tetap terjaga, Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora.

  2. Menyediakan Tempat Berak

    Selama di dalam kandang, ajari untuk membuang poop pada tempatnya, wadah berak/kencing umumnya berisi pasir yang dapat diganti saat kotor. Pasir isi ulang bisa didapatkan dari toko petshop terdekat.

    Sediakan juga kotak pasir di luar kandang, posisikan di tempat sobat inginkan untuk membuang feses nantinya. Usahakan untuk menempatkan pada pojokan jauh dari jangkauan penglihatan.

  3. Bersihkan Tempat Biasa Berak

    Sebelum di keluarkan dari kandang ada baiknya membersihkan tempat dimana saja berak. Kucing akan kembali mengulangi kebiasaannya jika masih tersisa dari bau poopnya.

    Gunakan cairan dicampur sabun untuk menghilangkan bau. Selain sabun bisa juga menggunakan baking soda, lemon atau penghilang bau lainnya, Cara Membersihkan Mata Kucing Persia.

  4. Memberi Bau Menyengat

    Pada tempat kucing poop tinggalkan beberapa barang yang mempunyai bau menyengat, Ini dilakukan untuk mencegahnya mengulangi kebiasaan di tempat tersebut. Bahan menyengat bisa berupa bawang, lemon, atau minyak kayu putih.

    Ada tips sedikit nyeleneh tapi terbukti sangat manjur, yaitu dengan cara menancapkan lidi di tempat tadi. Beberapa orang percaya lidi dapat menghalau sikucing datang lagi ke tempat tadi.

  5. Melatih Kucing Menggunakan Kotak Pasir

    Taruh kotak terisi pasir di dekatnya untuk memberikan tanda tempat berak, Saat mau poop / kencing biasanya memberikan tanda gelisah dan menggaruk – garukkan kaki ke lantai.

    Inilah saat tepat untuk menaruh kotak sehingga kucing akan menggunakannya untuk berak, Ada pula yang tidak mau menggunakan kotak padahal sudah berada di dekatnya.

    Cara ampuh mengatasinya dengan menaruhnya ke dalam kandang lagi bersama dengan kotak pasirnya, sehingga dia akan belajar menggunakan kotak tadi untuk berak, Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan.

  6. Memberi Kasih Sayang

    Cara tergolong mudah melatih kucing agar berak di kotak pasir dengan memberikannya kasih sayang berupa sentuhan lembut pada bagian kepalanya. Jika kita memarahinya maka kucing akan menjadi penakut bahkan menjadi lebih liar.

    Tidak berak pada tempatnya bukan karena suka dengan hal kotor tapi mungkin saja memang belum tahu caranya. Tugas kitalah untuk membimbing dan mengajari dengan cara melatihnya.

  7. Membersihkan Kotak Pasir

    Kucing termasuk hewan yang suka dengan kebersihan, tempat pasir kotor akan membuatnya enggan menggunakannya lagi. Sehingga membuatnya kembali berak secara sembarangan. Pastikan kebersihan kotak pasir dengan mengeceknya setiap hari dan menggantinya jika diperlukan.

    Bersihkan kotak tempatnya jika dirasa memang sudah sangat kotor. Tidak perlu menggunakan sabun untuk membersihkannya cukup dengan membilasnya dengan air.

    Penggunaan sabun akan menghilangkan bau secara keseluruhan dan membuatnya lupa, bahwa itu adalah kotak tempat membuang kotoran. Gunakan pasir baru setelah membersihkan kotak pasir tersebut, Ciri Fisik Kucing Sehat.

  8. Menjadwal Makan Jam Makan

    Cara termudah lainnya dengan menjadwal jadwal makannnya, dengan ini kita bisa memprediksi kapan kucing akan poop. Gunakan jam untuk menentukan berapa jeda waktu antara setelah makan sampai mengeluarkan tanda akan poop.

    Jeda waktu ini akan memberi tahu kapan waktu tepat mengangkat kucing ke kotak pasirnya. Dengan begini kita telah belajar melatih untuk berak pada tempatnya, Bahkan ada beberapa orang ingin melatih kucing poop di kamar mandi.

    Hal ini tidak mustahil tapi sangat sulit dilakukan, Umumnya kucing tidak menyukai tempat basah sedangkan kamar mandi merupakan tempat yang berair serta lembab.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Kucing berak sembarangan dengan Cepat. Ajari dengan sabar dan perlakukan dengan lembut agar dia nyaman. Jika sobat mempunyai pertanyaaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update
error: Content is protected !!