Mengatasi Lovebird Suka Turun Tangkringan

Mengatasi Lovebird Suka Turun Tangkringan – Burung lovebird sering turun tangkringan saat sedang berkompetisi memang sering sekali terjadi. Umumnya penyebabnya bisa berbagai macam, sehingga jika ingin mengobati perlu melihat dahulu hal yang menyebabkan masalahnya satu persatu.

Sekarang sudah banyak kompetisi burung yang melombakan lovebird sebagai burung aduan, suaranya yang khas dan merdu membuat jenis burung ini sering menjadi juara. Namun ada banyak aspek yang mempengaruhi penilaian juri dalam perlombaan salah satunya seringnya burung lovebird turun dari tangkringan.

cara-mengatasi-lovebird-suka-turun-tangkringan

Hal tersebut akan memberi dampak pengurangan point yang cukup signifikan, selain kondisi kesehatan dan kebiasaan aneh lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab burung lovebird suka turun dari tangkringan saat berlomba.

Over Birahi

Coba perhatikan tingkah laku lovebird ketika didekatkan dengan lawan jenisnya, bila selalu naik turun sambil menggigit jeruji kurungan, maka dapat disimpulkan burung lovebird anda saat over birahi.

sebisa mungkin kondisikan selama 2 pekan untuk dilakukan terapi untuk menurunkan birahi lovebird. Apabila masih terus menerus dikompetisikan, bisa saja burung lovebird akan melemah dan semakin sulit untuk disembuhkan.

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Memberi Sangkar Dengan Tangkringan yang Nyaman

Sebisa mungkin tipe dan ukuran tangkringan di sesuaikan dengan kaki lovebird agar membuatnya nyaman saat berada diatas tangkringan. Tipe tangkringan ada banyak sekali bisa berupa tangkringan kayu asem, pasir, plastik atau tipe bahan lain, sehingga ada baiknya untuk mencobanya satu persatu.

Pastikan lovebird mendapatkan tipe tangkringan yang sesuai, agar menunjukkan perasaan nyaman saat bertengger di tangkringannya.

Ukuran tangkringan sebisa mungkin menyesuaikan dengan karakter burung love bird, biasanya terbagi menjadi dua macam yaitu besar dan kecil. Untuk ukuran tangkringan besar umumnya punya diameter sampai 1,5 cm, sedangkan ukuran kecil hanya berdiameter setengah cm.

Terkadang burung juga bisa bosan dengan kandangnya, baik merupakan kandang baru ataupun telah rusak. Sebisa mungkin kenali tingkah lakunya sebelumnya, untuk menolong anda memilih tipe kandang yang akan dipakai.

Jangan terlalu cepat memutuskan untuk membeli kandang baru, takutnya nanti akan rugi jika burung lovebird tidak betah di dalam kandang barunya.

Burung Mengangkat Kaki Sebelah

Cara Membuat Lovebird Betah Dengan Tangkringan

 

Jika kondisi burung lovebird anda sedang berada dalam kondisi over birahi, ebaiknya diturunkan birahinya dengan cara terapi mandi malam. Harap memastikan keadaan burung lovebird selalu sehat, dengan memberikan asupan multivitamin dan memberi embun secara rutin.

Berikan sedikit minyak pada karpet yang digunakan burung lovebird, supaya ia takut untuk turun dari tangkringan. Namun jika gerakan turun tidak terlalu aktif bisa mengganti minyak dengan air. Cara ini terbukti ampuh mengatasi burung lovebird suka turun tangkringan saat dilombakan di tempat tinggi.

Burung lovebird tidak suka dengan merah,  sehingga dengan mengganti karpet menjadi warna merah akan membuatnya malas untuk turun dari sangkar. Gunakan karpet hanya saat lomba agar ke efektifan cara ini tidak luntur karena lovebird terbiasa dengan warna merah.

Demikian sedikit tentang penyebab dan cara agar lovebird betah di tangkringan saat dilombakan, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!