Mengenal Ikan Platy Pedang

Mengenal Keindahan Fisik Ikan Platy Pedang – Berbicara perihal ragam ikan hias yang banyak diternakkan orang-orang tentu tak bisa dilepaskan dari keindahan fisiknya. Sebab keindahan fisik ikan hias telah menjadi pesona tersendiri untuk membuat orang terkagum dan ingin membudidayakannya.

Keindahan fisiknya dapat dilihat dari ikan hias pun cukup beraneka macam mulai dari bentuk sirip yang unik, warna, ekor, ataupun tubuhnya. Selain itu, terdapat satu tipe ikan hias yang mempunyai keindahan tidak hanya dari corak warna tapi juga bentuk ekornya mirip pedang. Adapun nama ikan hias tersebut ialah platy pedang.

Mengenal Keindahan Ikan Platy Pedang

Platy pedang memiliki ciri fisik yakni tubuh memanjang dengan potongan melintang compressed, memiliki gonopodium berbentuk jangkar mengembang dan pedang panjang. Pedang ini sebetulnya ialah sirip anal yang tumbuh memanjang. Sirip punggung dan ekornya relatif lebar.

Info Menarik Cara merawat ikan oscar di akuarium yang benar

Jenis Dan Macam Ikan Platy Pedang

Tipe platy pedang yang banyak dijual di pasar ikan hias pun kini meliputi beraneka macam tipe seperti neon swordtail, blood red eye swordtail, hi fin swordtail, swordtail black berlin, dan masih banyak lainnya.

Ke semua tipe platy pedang tersebut mempunyai postur tubuh hampir serupa dan menjadi pembedanya masih terlihat dari corak warna, bentuk sirip, dan panjang ekor pedangnya.

Karakter atau sifat ini dikenal cukup tenang atau mampu hidup dengan ikan hias tipe lain dalam satu akuarium. Hanya saja, terkadang pejantan dapat memperlihatkan sifat bergerak aktifnya kepada sesama penjantan lain.

Penyebaran Dan Habitat

Tipe ikan platy pedang banyak dijual di pasar ikan hias pun kini meliputi bermacam-macam macam tipe seperti neon swordtail, ikan ekor pedang merupakan ikan hias berasal dari Meksiko.

Habitat liar dari binatang ini merupakan di sungai-sungai meksiko selatan hingga turun ke gueatemala di amerika tengah. Namun karena peminatnya luar biasa jenis ini sekarang mudah untuk diperoleh di Indonesia.

Banyak penggemar ikan hias yang merawat hewan air ini untuk diperjual-belikan. Swordtail fish ini merupakan binatang air tawar yang dapat hidup di air payau juga. Namun akan lebih bagus jika hidup di kondisi air payau.

Ikan ekor pedang dapat hidup di suhu sekitar 18 – 27 derajad celcius. Tingkat keasaman air yang bagus untuk memliharanya merupakan pH ada pada kisaran 6,8 – 7,8.

Perilaku Ikan Platy Pedang

Jantan swordtails sangat bergerak aktif terhadap satu dengan lainnya, sehingga wajib disimpan sendiri-sendiri atau dalam satu kelompok hanya lima ekor.

Swordtail hijau jantan dapat tumbuh dengan maksimum panjang menyeluruh 14 cm (5.5in) dan betina sampai 16 cm (6.3 in). Nama “swordtail” berasal dari lobus yang memanjang lebih rendah dari jantan sirip caudal (tailfin).

Dimorfisme seksual yang moderat, dengan betina lebih gede daripada jantan, namun kurang mempunyai “pedang”. Penangkaran telah menciptakan banyak varietas warna, tergolong hitam, merah, dan banyak pola daripadanya.

Selain keindahan bentuk, warna, mudah diternakkan, jenis ini juga memiliki sifat sosial tinggi serta bisa hidup berdampingan damai dengan ikan hias lain dalam akuarium.

Perkembangbiakan

Ikan hias plati pedang merupakan hewan yang beranak memerlukan tanaman air seperti hydrilla atau enceng gondok sebagai tempat persembunyian anak-anaknya dari ketinggian air sekitar 30 cm, induk plati pedang beranak setelah 5-7 hari.

Induk plati pedang betina akan menciptakan sekitar 80-125 ekor dan interval dikerjakan pemijahan. Pemijahan untuk beranak kembali kadang-kadang perlu waktu sampai 1 bulan.

Makanan Ikan Platy Pedang

Ikan ekor pedang termasuk dalam hewan yang sangat suka alga atau serangga-serangga kecil seperti nyamuk. Tetapi jenis ini akan lebih berkualitas jika diberi makanan alami, karena tempat asal asli dari ikan ini merupakan sungai.

Jika merawatnya dalam akuarium, pemilik bisa juga memberinya makanan ikan pada biasanya tetapi makanan wajib ukurannya kecil karena binatabf ini mempunyai ukuran badan kecil.

Selain itu, makanannya dapat dikasihkan kepada platy pedang ini cukup beraneka mulai dari pelet, cacing beku, jentik nyamuk, dan cacing merah.

Leave a Comment