Mengenal Jenis Hewan Mamalia 5/5 (1)

Mamalia merupakan sebutan lain untuk hewan menyusui, kata ini berasal dari kata mamae berarti kelenjar susu. Mamalia merupakan hewan kelas vertebrata yang mempunyai kelenjar susu sehingga hewan betina mampu menyusui anaknya.

Jenis ini kebanyakan berkawin dengan menggunakan cara melahirkan meski ada sebagian bertelur atau disebut monotremata.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Hewan Mamalia

Apakah yang dimaksut hewan mamalia itu ? Mamalia mempunyai  karakter  khusus yang membedakannya dengan binatang lain, reptil misalnya. Beberapa keistimewaan yang membedakan jenis ini dengan reptil seperti rambut yang dimiliki oleh binatang ini.

Terdapat tiga tulang indera pendengaran tengah, kelenjar susu hanya dimiliki oleh binatang betina, dan adanya neocortex pada otak mamalia.

Primata disebut sebagai binatang tercerdas termasuk dalam contoh binatang mamalia.

Dalam taksonomi binatang, mamalia merupakan kelas tertinggi karena tersebar di seluruh muka bumi.

Tempat asal mamalia bisa diperoleh di daratan, pegunungan, laut dalam, laut tidak terlalu dalam, daerah kutub, hutan, maupun gurun pasir.

Dari kesemuanya penyebarannya di dunia, indonesia menjadi rumah bagi sekitar 32% mamalia di dunia.

Kemampuan Otak Mamalia

Bagaimana kemampuan otak hewan mamalia ? Untuk mengatur peredaran darah, termasuk peredaran darah menuju jantung dan mengatur suhu tubuhnya. Ada dua jenis hewan mamalia, yakni junak dan buas (liar).

Golongan jinak seperti sapi, kelinci, kambing, dan sebagainya, merupakan hewan yang sering dijadikan sebagai peliharaan oleh manusia.

Sedangkan golongan buas seperti harimau, gajah, beruang, dan sebagainya jarang dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Terlepas dari itu semua, penting kiranya untuk mengetahui bagaimana cara hidupnya. Berikut beberapa prinsip dasar cara hidup hewan mamalia

  Cara Mengobati Scabies Kucing

Sumber Makanan

Mamalia mempunyai tipe makanan yang tidak sama untuk dimakan, perbedaan tersebut tergantung pada tipe ordo.

Sebagai contoh, hewan mamalia herbivora akan memakan tumbuh-tumbuhan untuk bertahan hidup. Jenis karnivora akan memakan hewan untuk bertahan hidup, dan masih banyak contoh lain.

Suhu Tubuh

Mamalia merupakan binatang berdarah panas, artinya binatang-binatang ini memproduksi suhu tubuh panas sendiri. Saat cuaca terlalu dingin, secara otomatis tubuh akan menyimpan panas supaya tubuh dapat mempertahankan diri dengan tingkatan cuaca.

Sebaliknya, jika cuaca lingkungan panas, tubuh akan membuang panas tubuh. Dengan kata lain, mamalia dapat bertahan dari tipe cuaca seperti apapun.

Standar suhu tubuh yang diperlukan oleh setiap binatang tidak sama. Semuanya bergantung dari beraneka faktor, seperti tempat asal dan juga tipe mamalia tersebut.

Cara Berkembang Biak Mamalia Menurut Ordo

Apa saja jenis ordo hewan mamalia berdasarkan cara berkembang biak atau kawin ? Sebagian besar binatang mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan/beranak. Bahkan, banyak orang mengidentikkan mamalia sebagai binatang yang melahirkan.

Setelah melahirkan, betina akan menyusui anaknya. Biasanya mamalia betina telah menyimpan cadangan makanan di dalam kelenjar susunya.

Namun, tak seluruh tipe berkembang biak dengan cara melahirkan. Seperti telah dijabarkan di atas, ada juga beberapa tipe yang berkembang biak dengan menggunakan cara bertelur.

Platipus dan ekidna ialah dua tipe yang berkembang biak dengan menggunakan cara bertelur.

Pembagian yang dikerjakan untuk kelas mamalia diketahui menjadi beberapa ordo. Berikut ialah beberapa pembagian ordo serta jenis binatangnya.

Ordo Insektivora

Pada ordo ini mempunyai ciri khusus dimana tipe – tipenya suka untuk mengkonsumsi serangga dan cacing serta beragam tipe biji – bijian. Mata pada tipe ini akan tertutup dan dilengkapi dengan cakar sangat besar.

Pada bagian telapak kaki bagian depan mempunyai ukuran melebar serta cakar tebal dan kuat. Contoh pada ordo ini ialah tapir dan tikus tanah.

  Cara Memandikan Kucing Liar

Ordo marsupialia

Ordo marsupialia ialah salah satu ordo dengan ciri istimewa mempunyai kantung pada betina ( marsupium). Kantung tersebut berada pada bagian depan atau pada bagian ventral.

Jenis ini mempunyai ciri istimewa untuk melahirkan anak dalam situasi prematur. Anak tersebut setelah itu akan berkembang di dalam kantung induknya.

Contoh dari binatang tersebut ialah kangguru, kus kus serta koala. Di dalam kantong koala terdapat kelenjar susu dimana selain wadah untuk membawa bayi juga sebagai tempat menyusui.

Ordo dermoptera

Ciri khas pada ordo ini yaitu tipe dapat terbang. Biasanya mempunyai 4 kaki yang akan membentuk parasut disertai dengan bulu atau disebut patagium.

Hewan mamalia pada ordo ini akan mempunyai kebiasaan untuk konsumsi daun dan buah. Contoh tipe ordo ini ialah tupai terbang, monyet terbang, serta beberapa jenis serangga.

Ordo primate

Mamalia ordo primata merupakan tipe omnivora. Selain itu ciri utama yang menjadi ciri pokok mamalia primata ialah bentuk jari lebih gede dan panjang.

Jari tersebut mempermudah dalam memanjat dan mengambil makanan. Contoh ordo primate yaitu kera, monyet, gorila, dan orang utan.

Ordo Cetacean

Ordo mamalia satu ini merupakan binatang hidup di daerah asal berair seperti lautan. Contohnya paus dan lumba-lumba.

Meskipun jenis ini tidak menyusui anaknya karena tidak mempunyai kelenjar susu.

Tetapi dikaterogikan sebagai mamalia diakibatkan memenuhi ciri lainnya seperti adanya kelenjar susu, paru-paru, dan melahirkan anaknya.

Ordo chiroptera

Mamalia ordo chiroptera mempunyai ciri fisik menyerupai ordo demoptera yaitu adanya selaput membran yang terhubung antara kaki depan dan belakang.

Hanya saja ordo chiroptera mempunyai ciri lain yaitu terletak pada ukuran kaki depan yang lebih gede daripada kaki bagian belakang. Salah satu contoh mamalia ordo chiroptera ialah kelelawar.

Ordo carnivore

Meliputi binatang pengkonsumsi daging. Ciri khusus ordo mamalia yaitu mempunyai taring tajam untuk mengunyah daging serta cakar untuk mencabik mangsa. Contohnya beruang, anjing, harimau, singa dan sebagainya.

  Mengobati Flu Pada Kucing

Ordo monotremata

Ialah mamalia bertelur seperti platypus, walaupun platypus termasuk binatang bertelur tetapi hewan ini menyusui anaknya.

Ordo artiodactyla

Yakni mamalia yang memiliki jari kaki genap seperti kijang, kerbau, banteng, sapi, kambing, jerapah, dan unta.

Ordo perisodactyla

Yakni mamalia memiliki jari kaki berjumlah ganjil seperti kuda, dan keledai.

Ordo rodentia

Contohnya seperti tupai, tikus, landak, dan binatang pengerat lainnya.

Ordo proboscidea

Merupakan ordo mamalia tipe gajah terdiri dari seluruh spesies gajah.

Ordo lagomorpha

Ialah mamalia herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan, daun, dan buah seperti kelinci.

Pengelompokan Hewan Mamalia Berdasarkan Habitatnya 

Ada berapa jenis hewan mamalia berdaskan habitat tempat tinggalnya ? Hewan mamalia dapat dikelompokkan berdasarkan tempat asli lingkungan hidupnya yaitu daratan, lautan, sungai, gurun, gunung, dan kutub.

Daratan

Mamalia daratan merupakan kelompok paling beraneka meliputi kuda, kerbau, gajah, kelinci, kanguru, landak, tikus, kambing, harimau dan masih banyak lainnya.

Lautan

Untuk daerah lautan hanya terdapat dua jenis hewan yang termasuk mamalia yaitu paus dan lumba-lumba.

Sungai atau danau

Untuk mamalia yang hidup di sungai atau danau ialah platypus. Hewan ini merupakan binatang semi-akuatik yang banyak ditemui pada bagian timur benua australia.

Walaupun platipus bertelur namun termasuk ke dalam kelas mammalia karena menyusui anaknya.

Platipus pun kerap dikenal dengan nama duck-billed platypus atau platypus berparuh bebek ditimbulkan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek.

Gurun

Satu – satunya mamalia berasal dari gurun yakni unta.

Kutub

Merupakan habitat dari mamalia jenis beruang kutub dan anjing laut.

Gunung

Jenis mamalia yang hidup di daerah gunung biasanya hewan pemakan tumbuh – tumbuhan yaitu kijang dan kambing.

Mohon Kasih Ulasan

Last Update
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!