Mengobati Flu Pada Kucing

Penyebab dan Cara Mengobati Flu Kucing Berat – Biasanya saat musim hujan ataupun pancaroba ada banyak penyakit yang sering menyerang salah satunya flu atau pilek. Tidak hanya manusia yang bisa terkena pilek ,hewan pun bisa terutama kucing.

Penyakit pilek pada kucing tidak hanya menjangkit jenis lokal atau kampung, tetapi bisa menyerang jenis ras lain seperti anggora, persia, himalayan, bengal, russian blue, leopard dan lainnya. Biaya mengobati kucing flu sebenarnya murah namun ada baiknya melakukan pencegahan daripada pengobatan.

Kucing yang belum diberikan vaksin dan kurang gerak (olahraga) akan mudah terjangkit berbagai penyakit. Hal tersebut karena fungsi utama vaksin adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang sakit.

Meskipun pilek termasuk penyakit ringan dan tidak mematikan bagi kucing dewasa, namun akan berbahaya untuk kitten. Terutama yang masih berusia di bawah 1 – 3 bulan karena dapat mengancam nyawa piaraan kesayangan.

Penyebab Flu pada Kucing

kucing-flu

Banyak hal yang dapat memicu terjadinya penyakit flu pada kucing contohnya infeksi di bagian hidung yang biasanya ditimbulkan virus herpes, cacili dan bakteri lainnya. Penyebab flu pada kucing harus segera diatasi karena dapat menular pada lainnya melalui air liur, bersin, makanan dan minuman.

Penyebarannya bisa terjadi di mana saja terutama di area lingkungan kandang, untuk sekarang sudah banyak tersedia obat flu kucing yang bagus di apotik

Cara Mengatasi Kucing Jamuran Beserta Tahapannya

Ciri Kucing Terkena Flu Berat

Membedakan penyakit flu pada kucing dengan flu burung tergolong sangat sulit dilakukan. Namun sebenarnya terdapat perbedaan yang mendasari keduanya saat kita mengamati kondisi pilek kucing secara seksama.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kucing flu berat yang paling umum :

  1. Bersin
  2. Batuk
  3. Keluar ingus
  4. Mata memerah
  5. Mata berair
  6. Gerakan berkurang (kurang energik)
  7. Badan terasa panas (demam)
  8. Nafsu makan berkurang.

Biasanya gejala flu pada kucing mulai nampak saat infeksi sudah menjalar selama 1 minggu dan pada minggu ke 2 atau 3, kesehatannya akan membaik. Meskipun tidak terlalu berbahaya dan separah flu burung atau pilek pada manusia, akan tetapi kita harus berhati – hati terhadap kucing yang terinfeksi.

Bulu kucing dapat menyebabkan sesak nafas, ada baiknya saat menyentuh, memberi makan dan mengobatinya kita gunakan masker dan sarung tangan.

11 Cara Menjodohkan Kucing Persia Beserta Panduannya

Cara Mengobati Flu Kucing Secara Alami

kucing-flu-parah

Menurut beberapa info dari komunitas biaya mengobati kucing flu termasuk murah dibandingkan penyakit lainnya. Tapi daripada mengeluarkan biaya berlebih hanya untuk ke dokter hewan bukankah lebih baik mengupayakan terlebih dahulu memakai obat flu kucing alami.

Selain lebih hemat dari obat kucing flu di apotik yang jelas herbal lebih baik untuk tubuh si mpuss, Berikut adalah beberapa cara mengobati flu pada kucing secara alami :

1. Memberi Makanan Tambahan dan Vitamin Pada Kucing

Madu memiliki berbagai khasiat, salah satunya dapat mengobati kucing flu berat, Berikan madu setiap 4 jam sekali bisa juga dicampur dengan air minum. Pemberian madu secara rutin juga dapat meningkatkan proses perkembangannya menjadi lebih cepat.

Vitamin berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kucing, Apabila daya tahan tubuh baik dan terjaga maka berbagai penyakit akan jarang menghampiri.

2. Menjaga Suhu Tubuh Kucing Tetap Hangat

Berjemur di bawah sinar matahari banyak manfaatnya salah satunya dapat menghangatkan badan kucing. Bakteri dan bibit penyakit banyak bersarang di bagian bulu, dengan rutin menjemur maka kuman penyebab penyakit dapat hilang.

Waktu yang baik untuk menjemur berkisar antara pukul 07.00 – 09.00 selama 10 menit, serta melakukannya secara rutin setiap hari dapat mengobati kucing flu berat secara alami.

Ketika kucing mengalami flu tubuhnya akan rentan terhadap air, maka hindari memandikan atau kurangi jadwal mandinya. Segera bersihkan menggunakan kain basah dengan mengusap bulunya secara perlahan jika bulunya kotor, serta selalu jaga suhu tubuh agar tetap hangat baik saat sehat maupun flu.

Manfaat Vitamin C Untuk Kucing

3. Membersihkan Ingus serta Memberi Istirahat Cukup Pada Kucing

Pada saat kucing mengalami flu biasanya sering mengeluarkan ingus, bersihkan sesegera mungkin menggunakan tissu atau lap kering dan bersih. Di dalam ingus tersebut terdapat berbagai kuman dan bakteri yang bisa membuat pilek semakin parah.

Jangan biarkan ingus sampai mengering, karena kita pasti kesulitan saat membersihkannya dan kucing akan merasa kesakitan. Cara ini tergolong sangat ampuh serta lebih murah daripada harus membeli obat flu kucing di apotik.

Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh kucing, yaitu memberinya waktu istirahat cukup, jauhkan mainan atau benda yang dapat membuatnya terus bermain. Manfaat istirahat cukup lainnya dapat menghindarkan kucing dari terserang penyakit termasuk flu dan juga cepat menyembuhkan penyakit.

Jangan pernah mengobati kucing flu dengan obat manusia, penggunaan yang kurang tepat serta dosis terlalu banyak akan menimbulkan masalah baru. Sebaiknya gunakan obat flu kucing alami yang ada di atas, atau gunakan obat flu kucing yang bagus di apotik terdekat.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Memandikan Kucing Persia Cara Memandikan Kucing Persia Galak Dirumah - Memandikan kucing termasuk aktivitas rutin yang wajib dilakukan secara teratur para catlovers. Mandi dap...
Manfaat Vitamin C Untuk Kucing Manfaat Vitamin C untuk Kucing atau Kitten - Sama halnya dengan manusia, kucing juga membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatannya. Vitamin sangat di...
Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan - Banyak hal bisa menjadi penyebab kucing mogok makan bisa sedang sakit atau memang tergolong suka pilih - pilih...
Merk Makanan Kucing Terbaik Merk makanan kucing agar bulu bagus dan panjang - Menurut beberapa orang makanan kucing persia, anggora, folt, felibite secara homemade sangat merepot...
Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora Penyebab dan Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora - Kucing merupakan hewan peliharaan yang jadi kesayangan banyak orang. Bahkan bisa dibilang banyak ...
Radang Telinga Otitis Kucing Telinga kucing merupakan salah satu organ penting sehingga wajib untuk dijaga. Sebagai indra pendengaran ternyata seekor meong mampu mendengar gelomba...
Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!