Mengobati Kucing Muntah Cacing

Belum Ada Ulasan

Penyebab kucing mengalami muntah sangat beragam sekali, cacing adalah salah satunya. Muntah cacing adalah gejala klinis berupa keluarnya cacing beserta dengan makanan atau cairan yang dikeluarkan oleh kucing.

Biasanya cacing keluar dalam kondisi masih hidup, hal ini bisa dilihat dari tubuhnya bergerak menggeliat. Keluarnya cacing beserta muntahan dapat di asumsikan bahwa kucing sedang terkena penyakit cacingan yang tergolong parah.

Jenis cacing yang biasa menyebabkan kucing cacingan adalah roundworm. Roundworm merupakan nama lain dari cacing gelang, mempunyai warna putih sedangkan panjangnya berkisar antara 2 – 12 centi meter.

Terdapat juga spesies selain cacing gelang yang dapat menyebabkan kucing cacingan antara lain Toxascaris Leonine, Toxocara Canis dan Toxocara cati.

Penyebab Kucing Muntah Cacing

kucing-cacingan

Kucing dapat dengan mudah terkena cacingan karena beberapa kondisi, Saat terinfeksi cacing akan hidup di dalam tubuh inangnya (kucing).

Cacing tergolong hewan parasit memakan kandungan nutrisi inangnya sehingga membuat tubuh kurus sehingga membuatnya terlihat kekurangan gizi. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kucing muntah cacing :

  Cara Membersihkan Mata Kucing Anggora

1. Kurang Menjaga Kebersihan

Cacing gelang sebagai penyebab utama muntah sangat suka hidup di tempat kotor atau lembab. Kurangnya menjaga kebersihan akan membuat kucing mudah terjangkiti cacingan.

Kondisi cacingan semakin parah akan membuat cacing ikut terbawa keluar saat mengalami muntah – muntah.

2. Kurangnya Pemberian Obat

Pemberian obat cacing seharusnya dilakukan sejak usia dini, umur tepat mulai memberi obat ketika usianya menginjak 5 minggu. Pemberian dapat dilakukan secara rutin setiap 4 minggu sekali hingga kucing berusia 1 tahun.

Setelah berusia 1 tahun tingkat imunitas kucing menjadi lebih kuat sehingga, hanya berikan setiap 2 – 3 bulan sebagai pencegahan terkena muntah sembarangan.

3. Induk Cacingan

Infeksi cacing ternyata juga bisa menular ke kitten melalui keturunan. Cacing dapat menghasilkan larva berukuran sangat kecil sehingga memudahkannya menyusup ke dalam pembuluh darah.

Larva akan mengikuti aliran pembuluh darah sehingga membuatnya ikut masuk ke dalam janin. Air susu dari indukan terkena cacingan juga dapat menyebabkan kitten tertular ketika sedang menyusui.

Ukuran Larva yang kecil membuat larva dapat membaur dengan susu.

4. Kutu/Tungau

Kucing gemar menjilati bagian bulu sebagai cara membersihkan tubuhnya, Seringkali telur kutu ikut terjilat terbawa ke dalam tubuh. Saat terbawa biasanya telur akan menetas serta tumbuh di bagian usus.

  Radang Telinga Otitis Kucing

Alhasil hal ini akan menciptakan parasit baru yang berkembang biak di dalam tubuh kucing, Kenali 10 Gejala Kucing Keracunan Sebelum Terlambat.

Cara Mengobati Kucing Muntah Cacing

kucing-cacingan-gambar

Beberapa cara dapat digunakan mengobati kucing muntah cacing, Berikut adalah cara termudah dan tercepat mengatasi kucing ketika muntah disertai cacing :

1. Membersihkan Kandang

Kondisi kandang bersih merupakan hal mutlak jika menginginkan kucing hidup secara sehat. Kandang bersih akan membuat cacing penyebab muntah sulit bertahan hidup atau berkembang biak.

Selain kandang, perhatikan juga kebersihan kotak pasir atau tempat biasanya kucing berak. Cacing yang mengakibatkan muntah dapat dengan mudah berkembang di kotoran kucing.

Cukup dengan cara membilasnya dan jangan menggunakan sabun agar kucing tetap mau menggunakan tempat pasir tadi sebagai tempat pup.

2. Obat Untuk Kucing Muntah Cacing

Memberikan obat sesuai dengan jenis cacing yang menginfeksi akan membuat cacingan lebih cepat teratasi. Umumnya jenis gelang dan tambang bisa menggunakan milbemycin oxime atau pirantel palmoat.

Obat tersebut tergolong keras, penggunaannya hanya bisa mengobati kucing dewasa, sedangkan mengobati anakan kucing (kitten) gunakan obat oral. Khusus untuk kitten, perlu membawanya ke dokter demi mendapatkan perawatan yang pas dengan umur Kucing.

3. Membawa Ke Dokter Hewan

Cara mengobati kucing muntah cacing selanjutnya dengan membawa kucing terinfeksi ke dokter hewan. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apakah obat tersebut tepat untuk kucingmu.

  Manfaat Vitamin C Untuk Kucing

Tanyakan juga obat cacingan khusus untuk kitten jika digunakan mengobati anakan kucing, Biasanya dokter memberikan obat berbentuk cair, seperti sirup atau bisa juga padat seperti pil/tablet.

Tanyakan juga kepada dokter tentang seberapa sering pemberian obat tersebut. Biasanya dokter akan memberikan resep beserta anjuran pakai disesuaikan dengan jenis dan usia kucingmu.

Patuhi anjuran tersebut serta gunakan sampai habis agar muntah disertai cacing dapat terobati.

4. Pemeriksaan Rutin

Kucing yang tidak rutin melakukan pemeriksaan akan sangat mudah terinfeksi cacing gelang kembali. Dokter hewan akan menganjurkan berkunjung secara rutin. Pemeriksaan lanjutan dilakukan untuk menentukan apakah cacing penyebab muntah di dalam tubuh telah hilang.

Terdapatnya larva/cacing didalam akan membuat kucingmu kembali muntah, 8 Merk Makanan yang Bagus Untuk Bulu.

Demikian adalah penyebab dan cara mengobati kucing muntah cacing, Penyebab paling sering umumnya karena kurang bersihnya daerah sekitar sobat. Semoga cara tersebut dapat membantumu menyelesaikan masalah. Jika mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Mohon Kasih Ulasan

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

2 thoughts on “Mengobati Kucing Muntah Cacing”

  1. bos kucingku muntah muntah cacing nih, tapi kok disertai cairan kuning keluar dari mulutnya.
    Kira – kira kucingku kenapa ya?

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!