Mengobati Sayap Burung Turun

Cara Mengobati Sayap Burung Turun Sebelah Cepat dan Mudah – Burung tergolong hewan yang lemah. Sayap burung kacer, cucak ijo, pleci, lovebird menjadi langganan penyakit ini. Kurangnya perawatan akan membuat burung kacer atau cucak ijo mengalami sebuah penyakit nyengklek. Nyengklek merupakan kondisi ketika burung menurunkan salah satu / kedua sayap.

Ciri – Ciri Burung mengalami Sayap Turun Sebelah

burung-kacer

Burung yang mengalami sayap turun mempunyai beberapa ciri – ciri. Sobat perlu tahu ciri – ciri burung yang mengalami penyakit nyengklek. Hal ini dilakukan agar kita tidak salah mendiagnosis penyakit.

Perilaku Burung Sayap Turun Sebelah

  • Burung yang mengalami turun sayap biasanya masih beraktivitas seperti biasa.

    Aktivitas itu seperti mengepakan sayap tapi dengan kondisi sayap turun. Burung dengan kondisi ini mengalami cedera ringan. Cedera ringan bisa saja berupa sayap memar / keseleo akibat terkena benturan benda di sekitar kandang.

  • Sayap burung cucak ijo turun sebelah dan terlihat malas / kurang aktivitas.

    Pada bagian sayap burung cucak ijo terlihat mengembang. Mungkin terdapat bagian persendian yang patah sebagai penyebabnya. Persendian yang patah besar kemungkinan merupakan efek dari penyakit yang di derita. Penyakit sendi patah burung biasa disebabkan oleh koksidiosis atau lainnya.

  • Sayap burung kacer turun sebelah namun burung aktiv seperti biasanya.

    Pada bagian sayap burung kacer mengembang. Kondisi diakibatkan burung mengalami kekurangan vitamin. Bisa juga burung terkena kista bulu atau infeksi di bagian pangkal sayap.

  • Sayap Burung Kacer Turun Sebelah Habis Mabung

    Mabung adalah proses berganti bulu pada burung. Mabung dialami oleh semua jenis burung dan hal ini sangat biasa.


Cara Mengobati Burung Mengalami Sayap Turun Sebelah

Setelah tahu ciri – ciri penyakitnya, sobat bisa menentukan treatment atau cara mengobati yang tepat untuk burung. Beberapa kondisi mungkin tidak bisa disembuhkan secara mudah. Perlu perawatan khusus agar burung dapat sembuh dari sayap yang turun sebelah.

Mengobati Sayap Burung Mengalami Keseleo

Untuk burung yang mengalami cedera keseleo, memar bahkan patah kaki perlu diberikan penangan khusus. Penangan khusus bisa dengan cara menempatkan burung yang turun sebelah ke tempat semula bisa dengan di ikat.

Mengobati Sendi Burung Patah karena koksidiosis

Sendi burung yang patah tergolong serius. Besar kemungkinan sendi yang patah tidak akan kembali normal. Hal yang dapat dilakukan dengan memberi obat-obatan yang sesuai dan disertai pola makan yang teratur. Untuk menjaga pola makan sobat bisa menggunakan makanan yang kaya akan nutrisi. Penambahan vitamin juga dibutuhkan agar burung cepat sembuh seperti sedia kala.

Mengobati Burung Kurang Vitamin

Mengatur pola makan secara teratur bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Menambahkan vitamin dan suplemen pada makanan bisa membantu proses penyembuhan sayap burung turun sebelah.

Mengobati Burung Turun Sayap Sebelah karena Mabung

Rontokkan semua bulu burung yang mabung. Masa mabung memang hal alami yang dialami burung. Menghentikan pemberian makanan tambahan dan tempatkan burung pada kandang yang full kerodong.

Demikian sedikit artikel tentang cara mengobati sayap burung turun cepat dan mudah. Butuh kesabaran dan rajin dalam mengobati penyakit ini. Walaupun terkadang tidak bisa sembuh secara 100%. Setidaknya dengan cara ini sobat sedikit meringankan sakit yang di derita burung kesayangan.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!