Mengobati Selaput Mata Kucing

Memelihara kucing merupakan salah satu hobi yang banyak diminati banyak orang, Banyak sekali kendala hadir saat memelihara kucing salah satunya penyakit yang membuat mata kucing tertutup selaput putih.

Penyebab mata berselaput putih ada banyak sekali dimulai dari mengalami dehidrasi sampai cacingan. Selaput putih merupakan bagian dari mata kucing yang bernama membran niktitan, atau tertia palpebra, namun lebih terkenal dengan sebutan kelopak mata ketiga.

Ketika membran nikitin terangkat maka akan terlihat seolah-olah bagian mata tertutup selaput putih. Keadaan tersebut mengindikasikan bahwa ada masalah didalam tubuh kucing terutama bagian matanya.

Penyebab Selaput Putih Pada Mata Kucing

selaput-putih-mata-kucing

Membran niktitan terdiri dari beberapa lipatan jaringan yang tertutup lendir atau orang lain biasa menyebutnya konjungtiva. Keadaan konjungtiva bermasalah akan menyebabkan kondisi sebagian mata tertutup selaput putih, Berikut ini merupakan penyebab mata kucing berselaput :

  1. Infeksi Lanjut Cacingan

    Cacingan ialah hal lumrah yang terjadi pada tubuh kucing, Penanganan yang terlambat dapat menyebabkan selaput putih pada mata. Cacingan juga bisa menyebabkan berbagai gejala penyakit, kekurangan nutrisi dan cairan tubuh, anemia bahkan hingga kematian.

  2. Perubahaan Cuaca Ekstrem

    Kondisi cuaca berubah atau pancaroba bisa juga menjadi penyebab belekan pada mata kucing, perubahan cuaca akan memicu sistem pertahanan tubuh didalam tubuh.

    Mata tertutup membran niktitan / selaput putih termasuk dalam upaya pertahanan untuk melindungi organ penglihatan.

  3. Mengalami Keadaan Stres Berat

    Mental kucing tergolong sangat labil sehingga tanpa ada sebab yang jelas dapat mengalami stress berat. Ketika mengalami stress, sifatnya akan menjadi pemurung dan lebih suka menyendiri, Organ mata akan terkena imbas karena terkejutnya bagian konjungtiva.

  4. Makanan Tidak Cocok

    Sebaiknya menghindari menggonta-ganti makanan yang diberikan kepada kucing. Kandungan dalam tiap makanan berbeda-beda, sehingga dapat menyebabkan ketidakcocokan pada sistem pencernaan.

    Terganggunya pencernaan akan membuat sistem pertahanan tubuh menjadi agresif, karena antibodi merasakan ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Kucing.

Cara Mengobati Selaput Putih pada Mata Kucing

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya tinggal menanggulangi mata kucing berselaput putih, pengobatan munculnya selaput putih dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini cara termudah menghilangkan selaput putih putih :

  1. Memberikan Obat Cacing Sesuai Dosis

    Selaput pada mata kucing bisa saja berasal dari infeksi kelanjutan dari cacingan. Memberikan obat sesuai dengan dosis diharapkan mampu menghilangkan cacingan.

    Obat yang disarankan dapat dibeli di petshop terdekat dan konsultasi terlebih dahulu terkait keadaan Kucing.

  2. Membasuh dengan Air Hangat

    Cara paling mudah untuk mengobati selaput putih pada mata kucing yaitu dengan membasuhnya. Dengan memilih air hangat sebagai cairan untuk membasuh diharapkan kotoran lebih mudah terangkat, serta membuat kondisi lebih santai.

    Gunakan waslap yang telah direndam pada air hangat untuk mendapatkan hasil maksimal.

  3. Memberikan Obat Tetes Mata

    Obat untuk mengatasi penyakit selaput mata pada kucing sangat beragam, lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau komunitas, dengan menjelaskan beberapa kondisi yang dialami kucing.

  4. Menggunakan Daun Binahong

    Cara alami untuk mengatasi selaput putih pada mata kucing yaitu dengan membuat ramuan dari daun binahong, khasiat didalamnya terbutkti mampu meringankan kondisi mata.

    Membuat ramuan binahong tergolong mudah, yaitu dengan merebus lima helai daun hingga mendidih, lalu tiriskan air saat sudah dingin dan berikan pada kucing.

    Pemberian rebusan binahong secara rutin dan teratur, dapat meredakan berbagai penyakit, termasuk mata kucing berselaput putih.  8 Makanan yang bagus untuk kesehatan bulu kucing.

  5. Memeriksakan ke Dokter

    Setelah melakukan berbagai cara mengobati selaput putih diatas kucing tidak kunjung sembuh, sebaiknya membawanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dokter akan berusaha semaksimal mungkin memulihkan kondisi kesehatan piaraan anda.

Demikian artikel tentang beberapa penyebab dan cara mengobati selaput putih pada mata kucing. Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar yang telah disediakan.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!