Selain Menyimpan Mitos Inilah Segudang Manfaat Pada Burung Perkutut

Selain Menyimpan Mitos Inilah Segudang Manfaat Pada Burung Perkutut- Jawa merupakan gudang bagi bermacam mitos, termasuk tentang burung perkutut. Untuk mengetahui tentang mitos perkutut, bermula sejak jaman kerajaan Majapahit. Dahulu kala burung ini hanya dimiliki oleh kalangan ningrat serta para raja saja termasuk Prabu Brawijaya.

Namun perkutut yang dimiliki oleh Prabu Brawijaya bukanlah sembarangan. Burung tersebut merupakan jelmaan pangeran dari kerajaan Padjajaran bernama Joko Mangu.

Manfaat Burung Perkutut

manfaat-perkutut

Pangeran tersebut dikutuk oleh seseorang menjadi seekor perkutut. Tetapi perkutut Joko Mangu berhasil kabur dari kerajaan Padjajaran sebelum dibunuh. Inilah manfaat burung perkutut.

Burung jelmaan tersebut terbang hingga ke kerajaan majapahit sampai akhirnya bertemu prabu brawijaya. Sejak itu perkutut tersebut terus mengikuti prabu brawijaya. Bahkan saat prabu brawijaya memutuskan berhijrah ke ngayogyakarta.

Pada masa hijrah konon tuah dari perkutut ini banyak menolong raja brawijaya ketika mempersatukan raja – raja di tanah jawa. Berawal dari kisah ini muncul mitos yang banyak dipercaya bahwa perkutut dapat memberi tuah pada pemeliharanya apabila memiliki kecocokan batin.

Terlepas dari semua mitos di atas, ada segudaang manfaat burung berkutut bagi manusia antara lain :

Mempercepat metabolism tubuh

Salah satu manfaat burung perkutut bagi manusia ialah untuk memperlancar proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme secara cepat dalam tubuh akan membuat badan terasa ringan dalam mengerjakan apapun.

Beda sekali kalau  proses metabolisme lambat, tubuh menjadi berat dan terasa kaku dalam melakukan beraneka macam aktivitas. Apabila metabolisme dalam tubuh terganggu, maka secara otomatis penyerapan nutrisi juga akan terhambat sehingga tubuh kehilangan kesempatan untuk berkembang.

Melancarkan peredaran darah

Kandungan vitamin pada daging perkutut juga membantu proses peredaran darah menjadi lancar. Peredaran darah mengalir ke seluruh tubuh kalau gizi tercukupi dan kondisi tubuh sehat. Selain itu, khasiatnya bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Sebagai asupan gizi tubuh

Manfaat burung perkutut bagi manusia lain ialah menambah asupan gizi. Gizi  dengan kandungannya pada hewan ini memang tak dipungkiri. Ada vitamin B3, B6, dan B12 yang dapat mensuplai gizi harian tubuh.

Mencegah penyakit jantung

Protein di dalam daging burung ini terbukti membuat jantung kuat. Kalau mempunyai riwayat keturunan serangan jantung dapat memperkecil risiko dengan makan daging perkutut.

Cara pengolahannya bisa dibakar atau dipanggang supaya tidak terlalu berminyak. Serangan jantung memang wajib sedini mungkin dicegah sebelum terlambat. Perlu diketahui bahwa jantung ialah penyakit tertinggi pemicu kematian.

Melancarkan buang air besar

Mengkonsumsi daging perkutut bisa juga membuat BAB lebih lancar dan teratur. Serat dengan kandungan di dalamnya membantu organ pencernaan mengolah makanan yang masuk.

Hal ini termasuk penting karena makanan yang terlalu lama di dalam perut sama halnya dengan menumpuk racun di dalam perut.

Menjaga kesehatan organ penting

Sama seperti  halnya khasiat daging lain, manfaat daging perkutut juga mampu menjaga kesehatan organ penting karena mengandung protein tinggi.

Protein di dalamnya akan membantu sel –sel rusak sangat cepat beregenerasi. Alhasil, kerusakan tingkat organ bisa dicegah sedini mungkin karena sel rusak akan langsung diganti dengan sel lebih sehat.

Mengobati lemah syahwat

Protein memengaruhi vitalitas atau gairah pada laki-laki. Karenanya kandungan protein pada daging perkutut yang tinggi juga terbukti dapat membangkitkan gairah laki-laki.

Ini merupakan manfaat burung perkutut bagi manusia untuk yang mengalami ejakulasi dini dan impotensi. Kedua hal ini memang menjadi sebuah momok mengerikan yang wajib segera disembuhkan, khususnya bagi kaum adam.

Mengobati alergi

Dipercaya punya beragam senyawa antibiotik, daging perkutut bisa dijadikan obat alergi.  Alergi bisa juga dikarenakan beraneka macam faktor seperti makanan, cuaca, dan debu. Burung ini aman dimakan oleh segala usia karena tidak mengandung senyawa yang rawan bahaya bagi tubuh. Sehingga mengkonsumsinya dapat memberikan manfaat burung perkutut bagi manusia.

Mengobati gatal – gatal

Manfaat burung perkutut lainnya yaitu mengobati gatal – gatal. Dengan antibiotik alami di dalam daging perkutut dapat mengatasi gatal-gatal di kulit. Gatal karena alergi dan beragam hal lain bisa dikurangi dengan makan dagingnya. Gatal-gatal bisa menghilang kalau telaten mengonsumsinya.

Menghaluskan kulit

Tak hanya sebagai obat untuk beraneka penyakit, manfaat daging perkutut juga dapat melembutkan kulit. Kandungan kolagennya juga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Wanita yang kini sedang resah mencari cream wajah untuk anti penuaan sekarang tidak usah resah lagi. Makan daging burung ini pun sudah cukup membantu menjaga kulit.

Menu diet

Diet yang aman tentu saja dengan memakan makanan rendah kalori dan rendah lemak. Begitu dengan daging perkutut yang rendah kalori dan lemak, sangat baik untuk program diet.

Tetap tercukupi keperluan makan dan rasanya seperti tidak menjalankan program diet karena tetap menikmati makanan enak. Lemaknya yang rendah dalam manfaat burung perkutut membuat program diet lancar dan bisa mencapai target.

Menambah nafsu makan

Diperkaya gizi lengkap membuat daging burung perkutut baik dimakan anak-anak. Bagi yang kurang bernafsu makan bisa juga mengambil manfaatkan burung perkutut sebagai salah satu cara mengatasinya.

Cara ini sangat ampuh jika diimplementasikan ada anak-anak, terutama jika anak-anak sulit dibujuk untuk meminum ramuan herbal atau vitamin penambah nafsu makan.

Mitos Pada Burung Perkutut

mitos-perkutut

Burung perkutut meliputi beberapa tipe, ada perkutut songgo ratu, lurah, perkutut hitam, sampai dengan perkutut putih. Menurut cerita turun temurun, setiap tipenya menyimpan mitos tersendiri. Berikut ialah mitos burung perkutut sesuai dengan tipenya.

Perkutut hitam

Dari sekian banyak tipe perkutut, perkutut hitam inilah paling banyak dikembangkan oleh masyarakat. Jenis ini dapat dikatakan “rajanya” perkutut. Masyarakat di Jawa menyebut burung ini dengan nama kol buntet.

Perkutut hitam sering dikaitkan dengan banyak hal gaib. Salah satu mitosnya ialah orang yang membudidayakan burung ini dapat mempunyai aura kesuksesan sangat kuat.

Perkutut lurah

Salah satu tipe perkutut cantik ini mempunyai ciri bulu di dadanya berwarna putih dan sebelah atasnya dipenuhi dengan bulu bercorak loreng seperti kulit ular.

Konon perkutut lurah ini mempunyai kewibawaan dan dihormati oleh tipe-tipe lain. Jika dilepas di alam bebas, akan didapati sebuah fenomena di mana tipe ini tidak mencari makan sendiri, melainkan “disuapi” makanan oleh tipe burung perkutut lain.

Mitos burung perkutut lurah ini ialah dapat meningkatkan kewibawaan pemeliharanya. Percaya atau tidak, orang yang membudidayakan jenis lurah ini akan disegani oleh banyak orang. Selain itu, juga terbukti dapat mengundang rejeki bagi pemeliharanya.

Perkutut daringan

Satu lagi tipe perkutut dengan tampilan elok, yakni perkutut daringan. Ciri-ciri dari burung satu ini ialah bulunya terlihat membentuk garis-garis terlihat memenuhi semua bagian badannya, kecuali bagian kepalanya.

Ciri-ciri dari bulu jenis daringan yang membentuk garis tidak putus ini melambangkan rejeki yang tidak putus sampai tujuh turunan.

Menurut primbon Jawa, pasangan suami istri yang membudidayakan tipe ini akan dilimpahi dengan rejeki yang tidak segera putus sampai tujuh keturunannya.

Perkutut songgo ratu

Pesona dan mitos burung perkutut songgo ratu memang sangat menarik untuk dibahas. Terlebih burung ini mempunyai tampilan unik di mana terdapat jambul di atas kepalanya yang terlihat seperti sebuah mahkota.

Kicauan burung ini tidak terlalu besar, tapi lekukan bunyinya mirip dengan tipe  lain.

Sebagian orang meyakini bahwa mitos songgo ratu ini ialah untuk menolak bala atau santet. Di samping itu, burung ini juga dapat meningkatkan aura kewibawaan pemeliharanya.

Sama seperti perkutut lurah, tipe ini bahkan dianggap mempunyai “kasta” lebih tinggi dibanding tipe lain.

Perkutut putih

Di antara bermacam-macam tipe perkutut, mungkin perkutut putih ini ialah tipe paling langka. Burung ini sebetulnya albino. Sekujur badannya dipenuhi bulu berwarna putih sedangkan paruhnya berwarna kemerahan.

Ada pula perkutut putih dengan bola mata berwarna merah. Tipe ini tergolong langka, maka tidak mengherankan jika harga yang ditawarkan cukup tinggi di pasaran.

Mitos seputar perkutut putih ialah binatang yang mendatangkan kekayaan bagi pemeliharanya. Konon, pemeliharanya akan berkelimpahan sampai binatang ini mati.

Tak sampai di situ saja, beberapa orang percaya bahwa perkutut putih dapat memberikan “perlindungan” bagi pemeliharanya dari banyak hal kurang positif.

Perkutut Yang Mendatangkan Kesialan

Selain mendatangkan kesuksesan, ternyata burung perkutut bisa juga membawa kesialan bagi pemeliharanya. Mitos mengenai burung perkutut yang bisa mendatangkan kesialan ini terbukti oleh sebagian orang.

Ciri-ciri perkutut pembawa sial ialah terdapat cacat pada bulunya, bunyi kicauannya tidak karuan, dan sering berkicau pada tengah malam.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment