Pakan Alternatif Entok

Beternak tak mungkin lepas dengan namanya pakan karena sebagai penentu berapa hasil dari ternak entok yang bisa diperoleh, entah itu baik buruknya hasil berdasarkan dari penentuan makanan yang disediakan kepada binatang tersebut.

Jadi ada baiknya jangan asal-asalan menyediakan pakan kepada binatang ternak.

Satu hal yang dapat menentukan kelancaran usaha ternak entok ialah kesehatan hewan ternak itu sendiri. Ada beragam penyakit menular untuk entok, tetapi penyakit tersebut dapat dialami karena faktor makanan kurang higienis.

Sehingga pastikan selalu menyediakan pakan entok yang bagus, meski tidak terlalu berkualitas tidak jadi persoalan, asalkan nutrisi pada tetap berkecukupan.

Kebanyakan para pemilik ternak menunjukkan rasa pusing dengan harga pakan entok buatan pabrik atau konsentrat karena harga yang ditawarkan terus melambung, tak sesuai dengan pemasukan yang diperoleh.

Karena hal ini banyak para pemilik ternak mulai berpikir keras menemukan metode agar dapat memperoleh harga pakan entok berharga miring dengan bermutu terbaik. Dengan hal tersebut maka para pemilik ternak bisa memperoleh hasil imbang antara pemasukan dan pengeluaran.

Makanan Alternatif Entok Paling Murah

pakan-alternatif-entok

Salah satu metode untuk meracik pakan entok alternatif ialah mengoplos atau mencampur. Lalu bagaimana cara meraciknya dan apa saja bahan yang dibutuhkan?.

Pada umumnya memberi pakan entok tidak terlalu sulit, tak harus bermutu terbaik. Entok hanya diberi nasi aking aja telah mampu hidup dan berkawin, diberi dedak lembut di campur nasi bisa juga sehat.

Tetapi lebih bagusnya menambahkan lebih bayak bahan yang dapat meningkatkan gizi bagi . pemberian pakan juga ada dosisnya, dan usianya.

Bahan yang dibutuhkan

  • Jagung kira-kira 2kg,
  • Dedak / katul 5kg,
  • Ampas tahu 8kg,
  • konsentrat petelur entok buatan pabrik 1kg

Cara pembuatan Pakan Alternatif Entok Paling Murah

  1. Aduk seluruh bahan di atas terpal tahan air sampai benar benar merata.
  2. Gunakan cara kombinasi antara satu dengan bahan lainnya sampai tercampur merata.
  3. Pastikan racikan dalam kondisi kering tidak tercampur air. Bila bahan dirasa masih berair akibat terkena ampas tahu, tambahlah dedak lembut sedikit demi sedikit sampai nampak kering.
  4. Bila bahan sudah tidak berair pastikan saat di di kepal tidak hancur.
  5. Agar lebih berkualitas lagi tambahlah probiotik pada racikan pakan tersebut kira kira segelas saja.

Pakan Alternatif Entok Fermentasi

pakan-entok-fermentasi

Salah satu metode untuk meracik pakan entok dengan teknik fermentasi ini yang termudah ialah fermentasi ampas tahu dengan em4 atau stater bakteri fermentasi yang bisa dibuat sendiri dari ragi tape.

Campurkan dengan bahan lainnya ataupun hanya memakai ampas tahu saja, tetapi lebih rekomendasi untuk mencampur dengan bahan seperti dedak, jagung giling, tepung ikan, konsentrat pedaging atau bahan pakan entok lain yang mudah diperoleh.

Untuk meracik pakan entok fermentasi dari ampas tahu ini supaya tahan lama hingga berbulan – bulan, amat gampang. Namun jika hanya untuk ampas tahunya saja, baiknya memakai tong plastik ijo bekas bahan kimia.

Atau jika jumlahnya sedikit, maka dapat memakai ember plastik yang nanti prosesnya ditutup hingga rapat

1. Dedak padi

Cara meracik pakan entok dengan fermentasi dedak padi supaya tahan lama  juga sangat mirip dengan melakukan fermentasi lainnya. Untuk melakukan fermentasi pakan ethok pada dedak padi, wajiblah diberikan dengan sedikit air supaya proses fermentasi tersebut berjalan mulus.

Dedak juga dapat difermentasi setelah dicampur dengan bahan lainnya agar lebih berkualitas.

2. Gedebok pisang

Proses meracik pakan alternatif entok dari gedebok pisang termasuk lebih irit dari sisi biaya, tetapi proses pengerjaannya yang termasuk lebih lama dari lainnya.

Karena gedebok pisang mempunyai bentuk yang besar, untuk itu wajib dapat mencacahnya supaya menjadi kecil supaya mudah dicerna.

Terkadang perlu menurunkan kandungan air pada gedebok pisang yang berlimpah jika mencacahnya terlalu lebut. Kandungan nutrisi pada gedebok juga masih sangat kurang, untuk itu wajib hukumnya untuk mencampur dengan bahan lainnya yang mempunyai kualitas nutrisi lebih berkualitas.

Misalnya gilingan jagung, bungkil kedelai, dedak dan lain lain berdasarkan ketersediaannya

3. Jerami

Pada usaha pembudidayaan binatang pemakan rumput semacam sapi atau kambing, proses fermentasi jerami tidak memerlukan banyak proses. Tetapi dalam usaha pembudidayaan unggas seperti entok, ayam ataupun bebek.

Proses fermentasi jerami memerlukan proses lebih rumit guna memperoleh pakan alternatif yang gampang tercerna. Yaitu dengan menjadikannya menjadi tepung jerami setelah proses fermentasinya selesai, selanjutnya dapat digabung dengan bahan alternatif lainnya

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!