Macam Penyakit di Mata Kucing

Belum Ada Ulasan

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Mata Pada Kucing – Hampir semua piaraan sangat rentan dengan komplikasi terutama di organ mata. Umumnya penyakit indra penglihatan dapat menyerang semua jenis Persia, Anggora, Mainecoon, dan berbagai jenis kucing lainnya.

Apakah kucing kesayangan sobat pernah mengalami mata berselaput, berair, atau bahkan matanya tertutup sebelah?. Banyak hal yang menjadi penyebab penyakit tersebut.

Penyakit Mata Pada Kucing

Mungkin kita sering bertanya-tanya kenapa mata kucing ada selaput putih, bahkan sering pula terjadi mata kucing bengkak memerah. Kami akan sedikit memberi wawasan tentang berbagai penyakit yang dapat menyerang organ penglihatan piaraan kesayangan sobat.

Jika dirasa informasi kurang tepat atau mempunyai pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar. Kami akan dengan segera membalas dan mengupdate artikel ini untuk anda.

1. Tumor Mata

Penyebab 

Tumor mata di kucing merupakan penyakit yang menyerang organ penglihatan sehingga dapat mengganggu proses melihat bahkan bisa membuat kebutaan. Penyebab tumor ini sangat beragam tapi biasanya diakibatkan karena makanan kurang sehat.

Walaupun tidak semua tapi kucing gemar makan tikus mempunyai resiko lebih besar terkena tumor. Ciri seekor meong terjangkiti tumor mata ialah timbulnya benjolan yang semakin membesar setiap harinya pada bagian mata. Tapi tidak selalu benjolan merupakan tumor kadang juga bisa disebabkan terkena asbes / bisulan.

Cara Mengobati 

Jalan satu-satunya untuk menyembuhkan tumor pada mata meong yaitu dengan Operasi. Pembedahan akan dilakukan untuk mengangkat tumor. Tentunya hal ini akan memakan biaya lumayan banyak. Jadi untuk pencegahan ada baiknya kita memberikan makanan kucing yang sehat dan sering melakukan vaksinasi.

  Pipi Kucing Bengkak / Abses? Obati dengan Cara ini

2. Mata Kucing Berselaput Putih Sebelah / Sebagian

Penyakit Mata Kucing Berselaput

Penyebab 

Mata kucing berselaput putih hingga menutupi sebagian atau sebelah indra penglihatan bisa terjadi karena beberapa hal. Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa penyebab munculnya selaput putih pada meong karena adanya cacing. Sedangkan untuk obat mata kucing berselaput putih sebelah tergantung dari gejala dan penyebabnya.

Selain itu selaput putih juga bisa disebabakan oleh virus dan bakteri yang telah masuk kedalamnya, namun ada pula ahli mengatakan bahwa gejala ini berasal dari kelainan. Oleh karena itu kita harus sigap untuk mengatasi indra penglihatan yang berselaput putih sebelah / sebagian karena penyakit ini dapat mengancam penglihatan.

Cara mengobati 

Cacingan

Jika setelah kita lihat ternyata penyebab mata berselaput putih adalah cacingan, maka langkah paling tepat adalah memberikan obat cacing . Berilah obat cacing untuk kucing sesuai dosis, sesuai umur dengan dosis yang dianjurkan oleh resep.

Bakteri

Selain cacingan sebagai penyebab mata berselaput putih, Ada juga yaitu bakteri. Untuk bakteri kebanyakan orang akan lebih menggunakan obat yang khusus untuk kucing contohnya terramycin.

Terramycin sangat cocok untuk menjadi obat mata kucing berselaput putih sebelah, serta sangat mudah dicari di toko hewan. Saya himbau jangan menggunakan obat untuk manusia semisal Insto, karena kandungan di dalamnya tidak cocok untuk hewan.

Sebelum memberikan obat Terramycin untuk mengobati kucing, Bersihkan bagian area di sekitar mata dengan kapas yang telah direndam air secara perlahan. Akan lebih bagus jika menggunakan air hangat karena dapat mempermudah kotoran mengendap untuk terangkat.

Lakukan cara membersihkan mata kucing berselaput tadi secara berulang setiap pagi dan sore hari.


3. Mata Kucing Berair

Penyakit Mata Kucing Berair

Penyebab

Penyebab mata kucing berair bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari hal  sepele contohnya terkena goresan debu. Ada juga hal yang serius seperti adanya bakteri atau virus herpes. Dengan keluarnya secara tidak langsung isyarat terjadinya kejanggalan atau masalah di dalamnya.

  Mengobati Selaput Mata Kucing

Cara Mengobati

  1. Menaruh di Kandang Tersendiri

    Hal utama yang harus kita lakukan yaitu dengan menempatkan kucing dikandang terpisah dari lainnnya. Selain untuk meminimalisir infeksi menular ke lainnya, Penempatan khusus membuat kita lebih cepat mengawasi agar lekas sembuh.

  2. Membersihkan Kotoran 

    Mata kucing berair selalu membawa dampak lain, yang paling sering ialah timbulnya belek. Penting bagi kita sebelum melakukan perawatan untuk membersihkan kotoran di sekitar mata. Hal ini bertujuan agar nantinya bakteri tidak ikut masuk saat dibersihkan.

  3. Memberikan Obat-obatan

    Tindakan yang dapat kita ambil selanjutnya yaitu memberikan obat sesuai dengan penyakit mata berair. Kita dapat membeli obat tersebut di toko hewan terdekat. Gunakan obat kucing sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

  4. Pergi Ke Dokter

    Jika sakit yang di derita tidak kunjung sembuh, Ada baiknya membawa ke dokter. Penangan dokter adalah jalan terbaik untuk menyembuhkan mata kucing berair.

    Dokter spesialis hewan sangat ahli dalam hal ini. Dengan membawa kucing ke dokter akan membuat kita lebih rileks, Karena piaraan kita telah ditangani oleh ahlinya.


4. Nasolacrimal Occlusion

Penyakit Nasolacrimal Occlusion Kucing

Penyebab

Hal yang menyebabkan penyakit Nasolacrimal Occlusion yaitu tersumbatnya sistem saluran pengering air mata pada kucing. Saluran ini biasa disebut sekresi normal berfungsi memberi pelumas.

Hal yang paling sering menjadi penyebabnya yaitu kelopak mata sakit dan juga cacat anatomi sehingga membuat jaringan menjadi tersumbat.

Cara Mengobati 

Hal paling mudah yang dapat kita lakukan yaitu dengan membawa kucing ke dokter. Tetapi jika merasa penyakit belum terlalu parah, kita dapat mengobatinya dengan tetes mata sebanyak 3x sehari. Gunakan obat tetes terbaik untuk mendapatkan hasil memuaskan dan cepat.


5. Cacing Mata

Penyakit Cacing Mata Kucing

Penyebab

Telazia californiensis adalah penyebab utama penyakit cacing dengan bersarang dan berkembang biak di dalam mata. Penyakit ini selain menyerang kucing juga bisa menginfeksi hewan lain seperti anjing, babi, ayam, kambing bahkan sapi.

Gejala yang sering terjadi jika terjangkiti cacing mata yaitu seringnya keluar airmata. Jika kita amati di bagian dalam maka akan terlihat cacing berwarna putih tersebut.

Cacing ini berkembang biak dengan cara bertelur. Dari telurnya akan menetas dan menjadi larva. Pada fase larva, kita wajib menjaga kucing kita. Karena larva ini dapat dimakan oleh lalat. Saat lalat hinggap dan memakan larva ini maka yang terjadi adalah semakin memburuknya kondisi kesehatannya.

Cara Mengobati

Silahkan bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan resep obat sesuai dengan fase yang dialami.


6. Asimetris (Mata Kucing Kecil Sebelah)

Penyebab :

Bakteri chlamydia merupakan penyebab utama masalah ini. Jika kita tidak segera tanggap menangani penyakit ini maka sebelah mata piaraan kita akan menojol dan keluar.

Cara Mengobati

Cara paling mudah menangani asimetris pada kucing yaitu dengan memberikan obat antibiotik, eyedrops dan obat anti bengkak. Sediakan juga banyak air putih untuk menjaga suhu tubuh. Jika dirasa penyakit tidak kunjung sembuh silahkan konsultasikan dokter dokter andalan sobat.


7. Mata Terlihat Berbentuk Cekung

Penyebab :

Mata akan terlihat berbentuk cekung jika terkena glukoma. Jika terlambat penanganan maka glukoma tersebut akan beralih ke tahap yang lebih serius menjadi pemicu timbulnya tumor.

Cara Mengobati :

Penyakit mata cekung sangat berbahaya dan butuh penanganan khusus dokter. Kucing yang terkena glukoma akan mengalami penurunan berat badan signifikan. Sebagai tahap pencegahan kita dapat memberikan vitamin dan minyak ikan khusus.


Demikian sedikit artikel tentang  Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Mata Pada Kucing. Jika ada salah dalam hal penulisan kami selaku owner meminta maaf sebesar-besarnya.

Jika sobat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Kami sangat senang jika bisa membantu masalah yang sobat hadapi.

Mohon Kasih Ulasan

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Silahkan Tinggalkan Komentar dan Pertanyaan Di Sini

error: Content is protected !!