Macam – macam Penyakit pada Marmut dan Pengendaliannya

Macam – macam Penyakit Marmut dan Obatnya. Marmot adalah hewan omnivore yang banyak dijadikan piaraan karena bentuk lucu serta menggemaskannya. Selain itu ukuran yang mini membuatnya mudah dibawa kemana-mana.

Sehingga akhir – akhir ini sering diadakan kontes marmut salah satunya adalah lomba lari.

Dalam memelihara marmot perlu memberinya makan sebanyak dua kali sehari yakni pagi dan sore hari. Sebaiknya gunakan mangkuk terbuat dari tembikar (tanah liat) sebagai wadah pakannya.

Jenis Penyakit Pada Marmut dan Pengendaliannya

Berikan sayuran dan rumput segar setiap harinya agar kebutuhan seratnya tercukupi. Hal tersebut juga berguna untuk mencegah gangguan pencernaan serta membantu pertumbuhan giginya.

Sebagai makhluk hidup marmot juga tidak lepas dari namanya penyakit. Sebaiknya wajib mengetahui penyakit apa saja yang sering menyerang marmot termasuk pencegahannya atau pengobatannya. Lalu sebenarnya apa saja macam penyakit marmut beserta obatnya ?:

Masalah gigi pada hewan marmut

Salah satu jenis penyakit marmut yang paling sering diderita yakni dibagian gigi. Hewan marmot tergolong jenis binatang pengerat, sehingga giginya akan tumbuh setiap hari. Untuk mencegah giginya tumbuh melebihi batas maka berikan pakan berserat cukup tinggi.

Penyakit pada marmut dan pengendaliannya terutama bagian gigi terdapat beberapa tanda. Biasanya ditandai dengan adanya kandungan air liur di sekitar mulut, dada, atau tangan bagian depan.

Selain itu gejalanya juga dapat dilihat. Terutama ketika marmot tidak mampu mengunyah atau memakan makanannya. Pada saat pemilik menjumpai gejala seperti disebutkan di atas. Maka segeralah bawa ke dokter hewan untuk mengatasinya.

Cara Merawat Marmut

Penyakit pada kulit marmut

Jenis penyakit marmut lain yang sering dan cukup berbahaya yakni berhubungan dengan kulit. Masalah kulit kerap di alami yakni mirip dengan kudis.

Munculnya penyakit kulit pada marmut biasanya ditimbulkan adanya tungau kecil di permukaan kulit. Akibatnya akan muncul rasa gatal, sehingga marmut melakukan garutan kecil. Garutan tersebut bisa berubah menjadi kudis jika semakin parah.

Terkadang juga penyakit kulit pada marmut mengakibatkan bulu menjadi rontok. Untuk obat mengatasi penyakit marmut bermasalah pada kulit sangat banyak biasanya dalam bentuk salep.

Penyakit Bisul Marmut

Penyakit dari marmut satu ini kerap terjadi jika kurangnya perawatan dalam menjaga kebersihan. Ketika memelihara marmot dapat mengalami bisul biasanya karena bertengkar, terpukul. Bahkan disebabkan oleh makanan tajam sehingga dapat melukai mulutnya.

Luka tersebut menyebabkan mulut marmot bengkak sehingga menjadi bisul. Langkah paling tepat untuk mengatasi marmut bisulan bisa dengan melakukan karantina agar tidak menular. Untuk pemilihan obat penyakit marmut bisulan bisa dibeli langsung di toko piaraan terdekat. Atau membawa langsung ke dokter hewan untuk penanganan spesifik.

Serangan lalat

Salah satu penyakit dari marmut yang disebabkan oleh lalat berikut ini cukup berbahaya. Hindari serangan lalat terhadap marmut dengan cara  membuang feses dari dalam kandang  secara rutin.

Lalu menyisir bulu marmut setiap harinya. Pastikan juga aliran udara keluar masuk ke dalam kandang tetap terjaga.

Feses marmut yang tidak ada tindakan begitu saja akan mengundang banyaknya lalat datang. Kemudian jika berkelanjutan maka lalat akan bertelur.

Selanjutnya telur – telur lalat tadi nantinya akan menetas berubah menjadi belatung. Selanjutnya belatung tersebut akan mengkonsumsi feses lalu bersembunyi di tubuh marmut. Akhirnya mengkonsumsi daging piaraan.

Hal seperti inilah yang nantinya membuat marmut merasa kurang nyaman. Bahkan sampai terserang penyakit yang mampu mengakibatkan kematian.

Perawatan pada Marmut Terserang Penyakit

Setelah mengetahui apa saja penyakit yang bisa menyerang marmut ada baiknya mengetuhui pula perawatan khususnya. Penyakit memang tidak dapat dihindari oleh setiap makhluk hidup, namun mencegah lebih baik dari mengobati. Maka pemilik harus menjalankan beberapa tindakan sebagai berikut :

Jaga kebersihan kandang

Menjaga kebersihan sangatlah penting, karena kandang kurang bersih akan rentan menimbulkan penyakit. Tidak hanya marmut, menjaga kebersihan kandang untuk semua piaraan sangatlah penting. Terutama kebersihan dari alas kandang, usahakan supaya tetap dalam kondisi kering dan bersih.

Apabila tempat tinggal binatang sudah terjaga kebersihannya maka piaraan akan merasa nyaman dan tetap hangat saat malam hari. Hangatnya kandang ini juga berguna untuk menghindarkan datangnya lalat ke kandang.

Cara Agar Marmut Cepat Beranak

Menjaga pola makan

Dengan menjaga pola makan marmut disertai pemberian makanan berkualitas di atas rata-rata maka akan dapat menjamin kesehatan piaraan.

Terutama untuk asupan sangat dibutuhkan bagi marmut ialah vitamin C. Hal ini dapat dipenuhi cukup dengan memberikan beberapa suplemen manusia.

Selain hal tersebut juga dengan memberikan beragam tipe sayuran. Contoh sayuran terbaik untuk marmut ialah kubis yang berguna sebagai sumber asupan vitamin.

Bersihkan dengan spray pembersih

Selalu gunakan spray pembersih sebagai alat menghilangkan bau, serta kuman – kuman dan bakteri  merugikan marmut.

Semprotkan spray pembersih di bagian alas dan juga bagian dalam kandang. Hal tersebut memiliki tujuan supaya kandang marmut tetap selalu bersih sepanjang waktu.

Jenis – Jenis Marmot yang Dapat Dipelihara

Hewan marmot memang sangat lucu untuk dijadikan sebagai piaraan. Di antara banyak jenis marmot berikut beberapa jenis marmut mudah dalam pemeliharaan:

Marmot American atau local

Pertama, jenis marmot banyak dijumpai adalah jenis local atau marmot America. Pada dasarnya jenis marmot local dan amerika adalah sama, hal yang membedakan adalah tempat peranakannya saja.

Apabila lahir di Indonesia maka disebut lokal, kalau di tempat asal aslinya Amerika maka disebut American. Jadi jangan resah ya. Bentuknya pun sama, dengan bagian kepalanya agak lancip ada juga datar. Selain itu marmot local memiliki bulu relative pendek.

Hewan Peliharaan Aman Untuk Anak

Jenis marmot texel

Untuk jenis marmot texel memiliki tubuh sangat menggemaskan. Badan gemuk dan imut inilah yang membuat para penyuka marmut tertarik.

Namun, sayangnya tipe ini sulit didapatkan karena harga yang relative mahal.

Marmot alpaca

Banyak orang beranggapan marmot jenis ini mempunyai kemiripan dengan marmot texel. Pembeda antara keduanya terletak pada bulunya. Texel memiliki bulu cukup panjang, sedangkan alpaca memiliki bulu lebih keriting dan lucu.

Namun perlu untuk tahu, tipe ini mempunyai tingkat bertahan hidup rendah. Sehingga dalam cara memelihara marmut, perlu memberikan perawatan lebih ekstra supaya hidupnya bisa bertahan lama.

Marmot Peruvian

Tampilan dari jenis Peruvian sangatlah unik sehingga dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Bulu marmut ini sangat panjang dan lembut. Saking panjangnya, saat mereka berjalan, bulu mereka akan nampak menyapu tanah.

Abbysinian

Selanjutnya ada marmut berbulu panjang dengan nama abbysinian. Untuk jenis ini dikatakan cukup unik karena mempunyai pusaran pada badannya. Untuk bulunya mempunyai panjang hampir menutupi wajah.

pintasan

Wikipedia – Marmot

Leave a Comment