Perbedaan Anjing Laut, Singa Laut dan Walrus

Perbedaan anjing laut, singa laut dan walrus – Secara sekilas ketiga binatang ini memang terlihat sangat mirip dari bentuk fisiknya.

Dari ketiganya yang paling mudah dikenali yaitu walrus, sebab hewan tersebut memiliki taring panjang serta ukuran tubuhnya lebih besar.

Mengenal Perbedaan Antara Anjing Laut, Singa Laut dan Walrus

perbedaan-anjinglaut-singalaut-walrus

Pada dasarnya anjing laut, singa laut, serta walrus berasal dari kelompok mamalia laut yang sama yakni pinnipeds (bahasa latin) berarti berkaki sirip. Untuk lebih mengenal perbedaan antara anjing laut, singa laut dan walrus, berikut penjelasan tentang ketiga binatang ini agar lebih mudah dalam membedakannya:

Anjing laut

Anjiing laut merupakan binatang yang hidup di air asun dan menghabiskan waktu kesehariannya di dalam laut sambil melakukan aktivitasnya bermain dan mencari makanannya. Binatang ini juga suka bermain secara berkelompok di pinggir pantai dan umumnya hewan ini ke darat di tempat tumpukan karang laut.

Binatang ini memilki bau khas yang dimilikinya sehingga hal inilah yang menjadi perbedaan anjing laut, singa laut dan walrus. Jadi para anak dari anjing laut dengan amat gampang mendapati induknya dengan indra penciumannya yang sangat tajam.

Sehingga anak – ­anak hewan ini bisa bersatu dengan kelompok besarnya. Jenis ini merupakan si perenang yang sangat cepat, jadi saat induk melahirkan anak-anaknya akan dipenuhi dengan  “minyak bayi” yang cenderung hangat bagi tubuhnya pada saat proses melahirkan di dalam air sekalipun.

Minyak tersebut sangat tebal dan cenderung terapung ketika pertama kali berlatih untuk berenang.

Mengenal Ciri – Ciri Ikan Hiu

Sifat Anjing Laut

Anjing laut adalah hewan karnivora meskipun nampak sangat imut dan menggemaskan. Serta kerapkali dihadirkan dalam acara-acara tv seperti di dalam sirkus.

Karena sangat banyak orang yang sangat suka aksinya di dalam air sambil mengeluarkan gerakan-gerakan yang sangat menakjubkan dan pasti sangat seru untuk ditonton.

Anjing laut tipe hydrurga leptonyx ialah karnivora terbesar di antara anjing laut lain yang mampu mengkonsumsi mangsanya sebesar pinguin yang mudah diperoleh pada pinggir pantai tempat beraktifitas.

Selain mengkonsumsi binatang lain, hydrurga leptonyx bisa juga mengkonsumsi spesiesnya sendiri. Namun, tidak sama dengan anjing laut lain yang hanya mengkonsumsi binatang-binatang kecil yang didapati di dalam laut.

Anjing laut berjalan memakai sirip belakangnya untuk mendorong badannya untuk bergerak. Hewan ini biasaya berkulit hitam ini mempunyai kumis dengan wajah yang monjong ke depan dan memilki berat yang luar biasa yang kadang mencapai 1 ton bahkan lebih.

Binatang ini juga tidak mempunyai daun telinga, tidak mempunyai taring panjang, moncongnya agak meruncing, sirip depannya pendek, berbulu tipis & bercakar, tidak bisa menekuk sirip belakangnya ke depan, badannya diselubungi rambut tipis & pendek. Dan binatang ini dijabarakan ke dalam family phocidae.

Singa laut

perbedaan-anjinglaut-singalaut-walrus2

Sering orang menyebut bahwa anjing laut dan singa laut adalah sama. Singa laut memiliki daun telinga yang berbentuk memanjang. Singa laut memiliki sirip depan panjang, berkuku pendek serta tidak berbulu. Selain itu singa laut juga dapat menekukkan sirip belakangnya kea rah depan.

Singa laut bisa berdiri di darat memakai sirip depannya. Bahkan binatang ini bisa juga berjalan dengan cara menekuk sirip bagian belakangnya ke arah depan. Di air berenang dengan menggunakan cara menggerakkan sirip depannya.

Walrus

Walrus yang besar tergolong ke dalam keluarga odobenidae. Jenis ini punya daun telinga pada bagian kepalanya dan sedikit bulu. Jadi seperti gabungan dari anjing laut dan singa laut.

Mamalia satu ini bisa juga bergerak ke daratan dengan sirip belakang dan dapat memakai empat siripnya saat berenang. Hewan air ini lebih menyukai hidup berkelompok dan bergerombol saat bersantai binatang ini saling berdekatan agar merasa hangat.

Yang menjadi ciri khas dari walrus adalah sepasang taring panjang serta moncongnya pendek datar di bagian depan.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment