Radang Telinga Otitis Kucing

Telinga kucing merupakan salah satu organ penting sehingga wajib untuk dijaga. Sebagai indra pendengaran ternyata seekor meong mampu mendengar gelombang ultrasonik mencapai 100,000 hz. Hal tersebut membuatnya mampu berkomunikasi dengan sesama jenisnya dalam jarak lumayan jauh.

Menjadi satu-satunya organ yang berfungsi sebagai alat pendengaran ternyata bagian ini sangat rawan terkena berbagai penyakit. Telinga mpus terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu bagian external (luar), tengah, dan extrenal (dalam).

Jenis Radang  Otitis

radang-telinga-otitis-pada-kucing

Penyakit radang kuping tergolong penyakit berbahaya untuk si mpus. Terlambatnya penanganan bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem indra pendengaran, bahkan sampai kehilangan kemampuan mendengar secara permanen. Berdasarkan letak radang dibagi menjadi tiga tipe yaitu

External

Sifatnya hanya menyerang luar membuatnya mudah diamati secara langsung. Saat terinfeksi otitis external pada daun telinga menjadi tampak kemerahan, serta sedikit bengkak ketika dilihat dengan seksama.

Media

Otitis Media merupakan jenis radang kuping yang menyerang bagian tengah. Penyakit tersebut mampu menyebabkan penyempitan pada saluran pendengaran, bahkan sampai tertutup sebagian karena kondisinya membengkak.

Internal

Sesuai tempatnya yang di dalam, Otitis Internal merupakan tipe paling sulit diperiksa dari ketiga lainnya. Membutuhkan alat juga pengalaman agar mampu memeriksa jenis ini sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter.

Langkah Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara Diagnosa Peradangan Telinga Kucing

Mendiagnosa kucing terkena penyakit otitis hanya dapat dilakukan menggunakan alat. Dokter akan memeriksa kuping menggunakan alat otoskop untuk mengetahui keadaan indra mendengar yang sedang bermasalah terutama bagian dalam.

Jika alat otoskop tidak tersedia maka bisa juga memakai mikroskop, metode paling mudah pemeriksaan bisa dengan mengambil sedikit sampel kotoran (cerumen). Selanjutnya taruh cerumen pada wadah di mikroskop untuk memulai melakukan pemeriksaan.

Bakteri dan kuman pembawa otitis umumnya bisa terlihat saat dibawah mikroskop.

Metode Pengobatan Alami Flu Kucing

Penyebab Radang Di Telinga Kucing

otitis-telinga-kucing

Pemicu timbulnya penyakit otitis disebabkan oleh bakteri, alergi, luka, jamur, tungau. Infeksi radang membuat meong yang terinfeksi bisa kehilangan kemampuan pendengaran bahkan menggangu sistem kekebalan tubuh. Berikut merupakan penyebab paling umum :

1. Telinga Kucing Sangat Kotor

Infeksi pada kucing berawal dari kurang terjaganya kebersihan sehingga membuatnya menjadi kotor. Kotoran yang menempel berasal dari luar tapi sebenarnya organ ini juga menghasilkan kotoran dari dalam. Dibutuhkan bantuan manusia agar kotoran tersebut dapat dikeluarkan.

2. Bakteri atau Jamur Penyebab Otitis

Telinga normal mampu menghasilkan cairan berwarna kuning kecoklatan dibagian dalamnya (Cerumen), yang berfungsi sebagai alat penjaga kelembaban dan mikroorganisme.Kondisi cerumen akan terus menumpuk jika kurang menjaga kebersihannya sehingga mampu mebuat habitat berkembang biak bakteri atau jamur.

Ketika terkena karena jamur biasanya ditandai dengan menggaruk dan mencakar-cakar kuping, garukan tersebut dapat meninggalkan beberapa bekas luka kecil serta mampu berkembang meradang.

Jenis jamur pemicu otitis di kucing yaitu Malassezia Pachydermis dan terus hidup serta berkembangbiak didalam indra mendengar, sehingga timbul Pipi Kucing Bengkak.

3. Tungau Pemicu Radang Telinga Kucing

Ukuran tungau sangat kecil, sehingga mampu masuk kedalam telinga tanpa diketahui, umumnya tungau penyebab otitis merupakan spesies dari Otedectes Cynotis. Ketika tungau telah hinggap, maka selanjutnya berkembangbiak hingga mengakibatkan radang.

Kuping yang terkena tungau otadectes cynotis akan mengeluarkan bau tidak sedap, disertai keluar kotoran gelap disekitarnya.

4. Bahaya Bulu Berlebihan pada Kucing

Bulu kucing mempunyai daya tarik keindahan tersendiri saat kita melihatnya, Tetapi dibalik keindahannya, bulu tersebut juga bisa menjadi pemicu timbulnya otitis. Menumpukanya bulu pada bagian kuping membuat kotoran sulit dikeluarkan serta membuat area dalam menjadi lebih lembab.

5. Akibat Hormon Tidak Stabil Dalam Tubuh Kucing

Kondisi kestabilan hormon dapat mempengaruhi kesehatan beberapa organ tubuh, penurunan hormon bisa membuat tingkat kekebalan tubuh ikut menurun. Hal itu mampu membuatnya menjadi lebih mudah terjangkit penyakit serius.

Cara merawat kucing anggora baru lahir

Gejala Kucing Terkena Radang Bagian Telinga

Ketika terkena otitis biasanya nampak beberapa gejala saat diamati, berupa fisiknya maupun tingkah lakunya, Berikut ini merupakan gejala saat kucing terkena otitis:

  1. Mencakar bagian luar indra mendengar hingga menimbulkan luka goresan
  2. Sering menempelkan kuping ke suatu benda/dinding
  3. Meggelengkan / menggoyangkan kepala dengan intensitas berlebih
  4. Berbau tidak sedap disertai keluar kotoran berwarna gelap

Cara Mencegah Agar Kucing Tidak Terinfeksi Otitis

penyakit-radang-telinga-kucing

Terdapat beberapa cara untuk mencegah otitis baik secara alami maupun dengan obat-obatan. Tapi secara umum sudah dapat diketahui setelah membaca penyebab radang telinga diatas. Tinggal menghindari apa saja penyebabnya maka akan terhindar dari jenis penyakit ini. Berikut ialah cara untuk mencegahnya :

  1. Lakukan pemeriksaan secara rutin
  2. Memberikan makanan yang biasa dimakan
  3. Hindari sering gonta – ganti makanan
  4. Memberikan makanan hipolaregenik untuk mengendalikan alergi
  5. Menjadwal grooming
  6. Menjaga kebersihan terutama kepala dan telinga

Kunci utama supaya indera pendengaran kucing bugar ialah dengan menjaga kebersihannya. Periksa indera pendengaran setiap minggu supaya kucing terpantau kebugaranya. Jika terdapat penumpukan tinja indera pendengaran berjumlah sedikit itu normal dan tidak berlebihan.

Jika kucing piaraan anda menunjukkan rasa kurang nyaman sekali. Indera pendengaran bau seperti ciri-ciri penyakit indera pendengaran kucing diatas anda wajib bertindak cepat. Apabila gendang indera pendengarannya pecah atau lemah, pembersih dan obat tidak mengobatinya segeralah ke dokter binatang.

Cara Mengobati Otitis Paling Efektif di Kucing

Mengobati penyakit peradangan tergolong susah-susah gampang tergantung dari penyebabnya. Berikut merupakan beberapa metode mengobatinya:

1. Menggunakan Obat Antibiotik

Pemberian antibiotik akan membuat bakteri penyebab otitis berkurang, namun perlu konsultasi dengan dokter lebih dulu sebagai langkah mendapatkan jenis antibiotik beserta dosisnya. Dokter akan memeriksa seberapa parah perkembangan bakteri serta menyesuaikan dengan umurnya.

2. Memberi Obat Anti Ektoparasit

Sebelum menggunakan jenis obat ini pastikan terlebih dahulu bahwa pemicu radang telinga dikarenakan parasit (earmite). Obat yang tergolong avermectin ialah ivermectin dan selamectin.

Avermectin sangat ampuh mengatasi parasit karena adanya kandungan anti ektoparasit di dalamnya. Perlu menyesuaikan antara dosis dengan tingkat kerusakan yang telah ditimbulkan oleh parasit.

3. Melakukan Operasi Bedah

Tumor penyebab otitis terletak diantara sel-sel jaringan organ pendengaran, metode satu-satunya untuk mengobati tumor di kucing hanya melalui meja operasi. Dokter akan melakukan pembedahan guna mengangkat tumor serta bagian jaringan rusak, Cara Membersihkan Mata Persia Peaknose.

Cara Mengobati Otitis Kucing Dengan Tetes Telinga

  1. Tetesi saluran indera pendengaran dengan cairan pembersih. Cairan pembersih telinga kucing bisa di beli petshop terdekat  atau dokter binatang.
  2. Pijat-pijat dengan lembut pada bagian dasar indera pendengaran supaya cairan pembersih dapat menyebar dengan rata ke semua bagian.
  3. Biarkan kucing menggeleng-gelengkan kepala kucing supaya sisa carian pembersih dan tinja dapat keluar tanpa sisa.
  4. Bersihkan sisa cairan pembersih beserta kotoran yang ada di telinga bagian luar dengan kapas bersih atau tisue basah. Bersihkan cela dan juga lekukan yang ada dengan memakai cotton bud.
  5. ati-hati ketika melakukan pembersihan lubang atau saluran, Bila ragu atau takut dapat memicu luka pada pendengaran kucing, sebisa mungkin bawa kucing anda ke dokter binatang.
  6. Perhatikan atau tanyakan cara melakukan pembersihan pendengaran kucing yang bagus dan aman kepada dokter binatang tersebut atau sahabat anda yang telah berpengalaman.
  7. Tindakan untuk pembersihan telinga kucing diulang sehingga semua kotoran keluar. Setidaknya perlu dibersihkan setiap hari selama hitungan hari berturut-turut supaya semua kotoran dalam telinga bisa keluar.
  8. Bersihkan indera pendengaran secara teratur seperti yang rekomendasi. Dalam keadaan normal telinga kucing biasanya dibersihkan 2 sampai 4 minggu sekali.

 

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment