Tanaman Buat Ikan Cupang

Tanaman Buat Ikan Cupang atau Bertha – Untuk menentukan tumbuhan yang dipakai juga dilarang asal-asalan wajib sesuai dengan karakter ikan yang akan kita budidayakan. Ikan cupang memiliki perbedaan yang signifikan dengan ikan guppy dalam hal perilaku,tentunya perlu menentukan tanaman yang sangat pas dengan perilaku ikan tersebut. Apakah tanaman tersebut akan menolong ikan atau malah memperburuk keadaan ikan dan tidak menjadikan bahagia.

Semisal pada ikan cupang lebih memerlukan tipe tanaman air mengambang, sedangkan jenis lainnya lebih memerlukan tumbuhan yang berada didalam air. Kita wajib menentukan tanaman air yang berguna untuk ikan cupang dan juga tidak menyusahkan dalam perawatannya.

Mungkin banyak dari peternak masih resah perihal nama tanaman untuk ikan cupang. Jangan sampai salah menentukannya, karena tak seluruh tumbuhan berguna bagi kesehatan.

Kegunaan Memberikan Tanaman Air Untuk Ikan Cupang

kegunaan-memberikan-tanaman-air-pada-ikan-cupang

Ikan cupang atau bertha termasuk dalam binatang vertebrata jenis aves yang berkembang biak dengan cara ovipar (bertelur). Sangat banyak manfaat yang diambil dari keberadaan tanaman apung untuk kelangsungan hidup segala jenis ikan.

Mungkin yang paling sering kita dengar ialah tanaman yang berada dalam air bisa menjaga kondisi air tetap dalam kondisi bersih, walaupun sebenarnya masih banyak yang lainnya. Tumbuhan dalam air bisa menjaga pasokan oksigen yang berada dalam air serta sebagai alat untuk menaruh telur (pemijahan) ikan cupang.

Khusus untuk ikan guppy mungkin memiliki kegunaan lain tambahan dengan kehadiran tumbuhan apung di dalam kolam yakni untuk bersembunyi dari kejaran indukannya. Ikan guppy tergolong ikan yang sangat mudah berkembang biak sehingga Indukan akan memakan anakan setelah dilahirkan untuk menjaga habitatnya. Penting bagi anda untuk tidak memisahkan guppy dengan anakannya karena hal tersebut bisa menyebabkan indukan menjadi stres dan mati.

Tanaman Untuk Pemijahan Ikan Cupang – Apu 

tanaman-apu-untuk-ikan-cupang

Apu-apu atau pistia stratiotes l, mampu tumbuh sampai mempunyai panjang hingga 80 cm dari permukaan air. Akar apu apu menjorok kebawah dengan bagian daun dan bunganya tetap berada di permukaan.

Banyak manfaat yang diambil dari tanaman ini salah satunya ialah untuk menstabilkan dan melakukan pembersihan kotoran di air. Selain hal tersebut daun ini terbukti sangat baik untuk media menjodohkan ikan cupang. Bahkan menurut beberapa narasumber terpercaya, terbukti bahwa tumbuhan alami bisa menjadi wadah menyimpan telur ikan cupang melebihi tali rafia.

Apu bisa kalian temukan di sawah dan sungai yang punya sistem perairan tenang. Jika kesusahan mencari tanaman ini anda bisa membelinya di toko petshop yang khusus menyediakan aneka kebutuhan ikan hias. Tumbuhan apu sering dijadikan media membersihankan kolam atau akuarium sehingga menjadikannya memiliki julukan sebagai tanaman pelindung.

Perlu menjaga populasi tanaman apu-apu tetap sedikit supaya permukaan air menjadi tidak terlalu sempit, serta ikan cupang tetap bisa muncul ke permukaan. Tanaman apu yang terlalu banyak akan menyebabkan air dalam aquarium cepat habis dan menutupi seluruh permukaan aquarium.

Makanan Alami Ikan Cupang

Tanaman Air Buat Ikan Cupang – Eceng Gondok

 

tanaman-untuk-ikan-cupang
Tanaman Eceng Gondok

Eceng gondok ialah tanaman yang hidup mengambang di air, tidak mempunyai batang dan tangkainya mirip dengan pelepah pisang. Tanaman eceng gondok sering dikaitkan dengan pembuat macet saluran air, tetapi bagi penyuka bertha tumbuhan ini punya peran penting untuk perkembangbiakan cupang.

Eceng gondok sangat bagus buat pemijahan ikan cupang, sama halnya dengan tanaman apu yang dapat di gunakan sebagai wadah penyimpanan telur ikan bertha. Walaupun kaya akan mannfaat tapi nyatanya eceng gondok punya beberapa kelemahan salah satunya ukurannya yang besar. Hal tersebut tentu mempengaruhi besar kecilnya kolam yang dipakai, sehingga peternak hanya memakai eceng gondok di kolam pemberdayaan cupang.

Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Media Bertelur Ikan Cupang –  Tanaman Hydrilla

tanaman-apung-untuk-cupang-hydrilla

Hydrilla vertisillata ialah tanaman yang hidup didalam air dan mempunyai berbagai manfaat untuk budidaya ikan. Hydrilla atau gulma air ialah tumbuhan yang bersifat di dalam (tidak mengapung) sehingga sangat cocok untuk ikan cupang menempelkan telur hasil perkembang biakan ke batangnya.

Dalam jumlah yang sesuai dengan diameter kolam, gulma air bisa menjadi nilai positif bagi pembudidayaan ikan ataupun hiasan kolam. Namun apabila jumlah terlalu banyak akan membuat kolam menjadi penuh sesak dan membuat ikan cupang tidak bisa bergerak leluasa serta akan mengurangi jumlah oksigen yang berada dalam air. Usahakan untuk selalu mengecek kondisi tanaman ini karena umumnya hydrilla sangat mudah berkembang jika kondisi air sesuai.

Daun Ketapang Kering Untuk Ikan Cupang

daun-ketapang-kering-untuk-ikan-cupang

Penggunaan daun ketapang sangat baik sebagai penyeimbang kadar kandungan ph dalam air. Pastikan hanya menggunakan daun yang telah kering, ingat hanya daunnya bukan tumbuhannya. Daun ketapang kering juga mampu menjadi obat alami untuk  mengatasi luka serta menghilangkan stres ikan cupang. Namun sayangnya dibalik manfaat dari daun ketapang buat pertumbuhan cupang, terselip masalah yang ditimbulkan yakni perubahan warna air menjadi keruh.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!