Tanda Kucing Hamil Muda

Kucing merupakan hewan mamalia yang berkembangbiak dengan cara melahirkan dan menyusui. Tanda dan ciri kucing akan melahirkan dapat dikenali dari berbagai perubahan berupa fisiknya atau tingkah lakunya.

Mengenali kehamilan kucing sejak awal dapat membantu mempersiapkan proses kelahiran berjalan dengan lancar, terutama dalam hal pemberian nutrisi dan vitamin di makanan. Hal tersebut dapat membuat anakan yang dihasilkan lebih sehat serta lincah.

Tanda kucing hamil muda sebenarnya mudah untuk dikenali asalkan cermat dalam mengamati berbagai perubahan yang timbul. Namun terkadang tetap saja menyulitkan jika tanda tersebut tidak nampak terutama jika si mpus berperawakan gemuk atau gembul.

tanda-kucing-hamil-muda

Masa matang dan usia ideal untuk kucing hamil yakni saat berusia satu tahun, namun ada beberapa jenis sudah mengalami kehamilan saat baru berusia empat bulan.

Masa kehamilan si meong biasanya berkisar antara 60 sampai 67 hari (sekitar 9 minggu), Tapi hal tersebut bukan merupakan patokan baku, terkadang bisa mengandung selama lebih dari 67 hari.

Breeder perlu mengetahui ciri kucing yang mengandung agar dapat menentukan kapan pemberian nutrisi tambahan sehingga menghasilkan keturunan yang sehat.

Prilaku Kucing Hamil Muda

1. Menjadi Lebih Agresif dan Galak dari Biasanya

Banyak tanda kucing telah berhasil kawin ,salah satunya perubahan sikap yang sangat terlihat, seperti sangat protektif pada bagian tubuhnya. Keadaan protektif tersebut akan membuatnya terlihat lebih galak dari biasanya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya serta bentuk kasih sayang ibu kepada calon bayinya, kucing bisa terganggu dengan kehadiranmu karena merasa dapat mengancam kesehatan calon bayinya.Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Mata Kucing.

2. Mengalami Muntah

Dampak lain dari morning sickness adalah si mpus akan mengalami muntah. Biasanya kucing akan mengalami muntah di pagi hari saja namun apabila muntah berlangsung secara terus menerus ada baiknnya untuk membawanya ke dokter untuk pemeriksaan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahaan untuk mendeteksi penyakit lain di dalam tubuh atau antisipasi terkena keracunan makanan.

3. Menjadi Sangat Rakus Terhadap Makanan

Kucing Betina yang sedang hamil akan banyak menghabiskan waktunya untuk makan terutama saat usia kehamilan menginjak usia tiga minggu. Kebutuhan nutrisi akan kesehatan janin merupakan penyebab utama perubahan nafsu makan ketika mengandung.Pipi Kucing Bengkak / Abses? Obati dengan Cara ini.

5. Menjadi Lebih Pendiam

Kucing akan menjadi pendiam dan suka mengurung diri saat sedang hamil. Umumnya binatang ini merupakan hewan yang sangat lincah, ceria serta sangat gemar bermain. Tanda umum kehamilan yaitu lebih suka tidur beristirahat karena untuk menjaga kesehatan janin yang berada di dalam perut.Cara Mengobati Radang Telinga (Otitis) Kucing Lengkap.

6. Suka Mencari Perhatian

Kucing merupakan hewan yang manja dan akan berubah menjadi lebih manja dari biasanya saat mengandung. Si Meong akan suka berada di dekatmu dan bersantai meminta belaianmu. Hal tersebut bisa dikategorikan tanda perilaku sedang mengandung.

7. Siklus Birahi Berhenti

Kucing yang hamil akan mengalami fase dimana siklus birahinya berhenti, dengan ditandai berhentinya birahi menandakan dia telah memasuki masa kehamilan. Tanda tersebut bisa menjadi salah satu ciri kucing hamil satu bulan.

Ciri Fisik Kucing Baru Hamil

1. Bagian Puting Susu Memerah dan Membesar

Puting susu memerah dan membesar biasa disebut dengan pinking up merupakan tanda kucing sedang mempersiapkan dirinya untuk menyusui. Pinking up biasa terjadi pada usia kehamilan memasuki hari ke 15 sampai ke 18.

Selain sebagai tanda kucing telah hamil, Puting susu memerah bisa juga tanda bahwa dalam masa birahi serta ingin segera dikawinkan.

2. Punggung Melengkung

ciri kucing hamil satu bulan yang mudah diamati lainnya adalah bagian punggungnya terlihat sedikit melengkung. Umumnya seekor meong mempunyai bentuk punggung datar dan lurus, tapi hal tersebut akan berubah saat mengandung. Punggung jadi melengkung karena terjadinya pertambahan berat pada bagian perut.7 Cara Memandikan Kucing Liar / Kampung.

3. Bulu Rambut Rontok

Ada banyak sekali penyebab bulu rambut kucing rontok salah satunya adalah kehamilan, saat mengandung terdapat hormon yang mempengaruhi proses produksi minyak di lapisan kulit.

Kerontokan bulu dikarenakan kehamilan tidak bersifat permanen, kondisi tersebut hanya berlangsung selama satu sampai dua minggu saja.7 Cara Mengobati Benjolan / Bisulan pada Leher Kucing.

4. Perut Membulat dan Kembung

Kucing yang sedang mengandung akan mempunyai bentuk perut membulat dan menggembung. Sebaiknya berhati-hati dalam melakukan pengecekan kondisi perut, Penekanan terlalu kencang dapat mengganggu janin yang ada di dalam perut. Keaadaan buncit tersebut akan semakin membesar sampai akhir masa kehamilan dan siap untuk dilahirkan.

Jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke teman teman anda

Leave a Comment

error: Content is protected !!