Tips Budidaya Semut Kroto Rumahan

Ada beberapa poin penting dalam tips budidaya semut kroto rumahan bagi pemula dapat dijadikan patokan sebagai pemilik ternak pemula maupun telah berpengalaman. Poin-poin ini bisa membawa menjadi pengusaha ternak. Berikut ini ialah beberapa poin penting.

1. Membuat Media Budidaya Semut Kroto

  1. Untuk kandang bagus ialah kandang terbuat dari rak dengan bahan berserat dan usahakan sesuai dengan jumlah bibit yang diternak. Jangan sampai ruang kandang sangat berukuran kecil, hingga mengganggu peredaran udara untuk kroto.

2. Menciptakan Lingkungan Terbaik Untuk Semut Rangrang

Dapat memakai lingkungan beneran mendukung untuk melakukan budidaya kroto ini. Berikut ini beberapa ciri lingkungan bagus:

  • Cahaya yang redup
  • Sirkulasi udara baik
  • Suhu udara berkisar 26-30 derajat celcius dan kelembapannya 60-72%.

3. Memberi Pakan Kroto Media Toples

  1. Usahakan pakan pada kroto, supaya dapat tumbuh dan berkawin dengan baik dan bugar. Usahakan memberi pakan dengan pakan hidup, jadi bisa dengan memberi pakan berupa ulat hongkong, ulat pisang, jangkrik, atau belalang.Bisa juga memberikan minum dengan memakai air gula dengan perbandingan 1 untuk air dan 4 untuk gula. Jadi lebih banyak gula dibanding air, Itulah jenis minuman terbaik untuk kroto.

4. Keamanan

Kemanan dalam beternak sangatlah penting, sehingga jangan disepelekan. Bisa dengan memberi air di keempat kaki kandang kroto. Hal ini perlu diterapkan dalam cara budidaya semut kroto rumahan supaya semut tidak berceceran di lantai ketika berupaya kabur dari kandang.

Kuncinya, buatlah kandang yang menjadikan semut-semut itu nyaman.

Karakter Semut Kroto Rumahan

karakter-semut-rangrang

Dalam budidaya kroto, perlu diperhatikan beberapa karakternya, supaya bisa mengenal bagaimana sifat-sifat binatang yang dibudidayakan. Karakter kroto ini pun juga dapat dijadikan patokan dan syarat dari budidaya.

Ratu

Kroto ratu ini merupakan semut yang mempunyai peran sebagai penghasil telur. Ratu ini dapat bertelur hingga ribuan telur. Ciri-ciri ratu ini ialah sebagai berikut:

  • Ukurannya 10 kali lebih besar dari semut biasa
  • Berwarna hijau kemerahan
  • Suka berdiam diri di sarang sehingga mudah untuk melihatnya.

Pekerja

Kroto pekerja ini biasa disebut sebagai koloni yang fungsinya mengasuh yang masih muda. Kroto pekerja ini merupakan betina mandul, sehingga tidak bisa jadi ratu dan ukurannya pun sekitar lebih mungil 5 sampai 6 mm dari semut lainnya.

Pejantan

Kroto pejantan ini mempunyai fungsi sebagai pengawin ratu untuk bisa bertelur. Berikut ini ialah beberapa ciri dari pejantan:

  • Ukurannya lebih kecil dari semut biasa
  • Usianya pendek, biasanya semut pejantan setelah kawin akan mati.

Prajurit

Dinamakan sebagai kroto prajurit karena tugasnya ialah menjaga sarang atau melindungi dari gangguan luar. Jenis ini juga bertugas menjaga makanan yang telah dikumpulkan. Umumnya, jumlah semut prajurit ini lebih banyak dibandingkan lainnya. Berikut ini ialah beberapa tanda dari prajurit:

  • Ukurannya antara 8 sampai 10 mm,
  • Memiliki rahang dan kaki kuat sebagai perlawanan dan penjagaan, dan
  • Kepalanya terdapat sepasang antenna panjang.

Pakan Semut Rangrang dalam Toples

jangkrik-pakan-semut-kroto-dalam-toples

Pakan merupakan suatu hal paling penting dalam budidaya semut kroto rumahan. Sehingga para pemilik ternak wajiblah memperhatikan suplemen dan kualitas dari pakan yang dipakainya sebagai makanan semut rangrang dalam toples. Berikut ini beberapa tipe pakan dapat digunakan:

Ulat pisang

Tak hanya ulat hongkong yang bisa menaikan kualitas kroto. Ulat pisang pun juga mampu menjadi makanan semut rangrang dalam toples, karena kandungan gizi dalam ulat pisang ini sangatlah banyak. Selain kandungan gizi yang banyak, ulat pisang ini juga mempunyai kandungan enzim, protein pembangun, dan protein hormone berguna dalam perkembangannya.

Ulat hongkong

Ulat hongkong ini merupakan pakan yang kaya sumber proteinnya, serta bisa member peningkatan kualitas pada kroto nantinya. Selain protein, ulat hongkong juga mempunyai beberapa kandungan lainnya seperti nutrisi, kadar abu, ekstrak non nitrogen, lemak kasar, dan air.

Cara memberi pakan semut rangrang dengan ulat hongkong cukup memotongnya atau memberikannya secara langsung.

Belalang

Belalang merupakan tipe pakan paling disukai oleh para kroto, karena cita rasanya gurih. Tak hanya cita rasa, belalang pun juga mengandung nitrogen, protein, dan gizi sebagai sumber energy.

Cacing tanah

Untuk memberikan perkembangan bagus, bugar dan gemuk, sebaiknya memakai cacing tanah sebagai pakan semut rangrang agar cepat bertelur. Karena cacing tanah ini mengandung lemak berlimpah . Selain lemak, cacing tanah juga mengandung protein, asam amino, karbohidrat untuk meningkatkan selera makannya, dan air.

Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu tipe pakan yang mempunyai kandungan antioksidan baik sebagai suplemen pakan semut rangrang agar cepat bertelur. Beberapa kandungan dalam jangkrik di antaranya gizi hormone sebagai asupan perkembangan. Protein dan omega 3 sebagai ketahanan tubuh, serta kalori sebagai perkembangbiakannya.

Cara pemberian pakan semut rangrang dengan jangkrik cukup memberikannya secara langsung dalam jumlah tertentu.

Selain lima pakan diatas sebenarnya masih ada satu lagi yakni tepung ikan untuk pakan semut rangrang. Memang sudah banyak yang menyarankannya sebagai pengganti makanan alami semut rangrang namun ada baiknya untuk tetap memberikan pakan yang hewani.

Boleh saja menggunakan tepung ikan untuk pakan semut rangrang namun penggunaannya tetap dalam batasan karena makanan ini termasuk jenis buatan.

Memilih Tempat Budidaya Kroto Paling Ideal

tempat-budidaya-kroto-paling-ideal

Tak hanya pemilihan pakan pada, lokasi beternak pun perlu diperhitungkan dalam budidaya kroto rumahan. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam budidaya mengenai lokasinya. Yaitu di antaranya:

  • Gunakan lokasi dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1500 sampai 1800 meter di atas permukaan laut.
  • Gunakan lokasi yang jauh dari kegaduhan dengan jarak sekitar 50 sampai 100 meter dari kegaduhan.
  • Kelembaban udara sekitar 60 sampai 70%.
  • Kroto menyukai hidup di daerah mempunyai suhu sekitar 26°c.

Media Sarang Semut Rangrang Paling Ideal

Dalam budidaya kroto, sebaiknya memberikan media sarang yang nyaman dan aman bagi. Hal ini sangat bagus bagi perkembangan dan perkembangbiakan kroto. Sehingga, terdapat beberapa hal yang perlu memperhatikan dalam memberikan media sarang nyaman dan aman.

  • Gunakanlah media baru dan bersih, sehingga perlu mencuci dahulu sarang nantinya,
  • Dapat memakai media sarang dari wadah bekas minyak atau wadah yang mempunyai aroma tajam sebagai media sarang. Tetap usahakan media sarang dalam kondisi bersih dan nyaman untuk kroto.

Merawat Calon Ratu Semut Rangrang

Jika  memutuskan untuk budidaya semut kroto rumahan, maka perlu memutuskan perawatan bagus. Sehingga perawatan dalam budidaya ini dikatakan sangat perlu demi kelangsungan hidup dan perkembangbiakan kroto.

Jadi, perlu diperhatikan perkembangan dan perkembangbiakan secara intens. Pemilik pun juga perlu diperhatikan kandang dengan adanya kualitas bagus.

Sebenarnya, merawat calon ratu semut rangrang ini sangatlah mudah dikerjakan dan sangat efisien dikerjakan. Pemilik dapat melakukan beberapa perawatan di bawah ini:

  • Membersihkan kandang,
  • Pembersihan tempat budidaya,
  • Keamanan dan kenyamanan pada kroto.
  • Memastikan kandang, bahwa kandang tidak bocor, dan

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!