Tips Memelihara Anjing Agar Tidak Mudah Sakit

Tips Memelihara Anjing Agar Tidak Mudah Sakit – Anjing merupakan salah satu binatang peliharaan yang menjadi favorit banyak orang karena sifat penurutnya. Hewan ini memiliki ratusan ras yang telah berkembang sejak seratus ribu tahun lalu.

Karena banyak keunikan yang dimiliki anjing maka ada ilmu pengetahuan khusus untuk mempelajari tentangnya yang disebut Kinologi.

Ada beberapa bukti mengungkapkan bahwa anjing pertama kali dijinakkan di Asia Timur yakni Tiongkok. Selain itu beberapa teori juga mengatakan bahwa hewan tersebut berasal dari Asia, hal ini terbukti dengan sebagian besar dari 14 ras kuno berasal dari China dan Jepang.

Tips Memelihara Anjing

Binatang ini memiliki hubungan erat dengan manusia sebab anjing atau manusia merupakan makhluk social sehingga keduanya dapat memiliki kedekatan.

Anjing banyak dipelihara manusia sebagai teman bermain, penjaga rumah serta dijadikan anjing pelacak oleh polisi dalam membantu tugasnya.

Berikut Tips memelihara anjing agar tidak mudah sakit antara lain :

Mengobati Penyakit Mata Pada Anjing

Menyediakan makan dan minum

Makan dan minum merupakan kebutuhan dasar semua makhluk hidup termasuk piaraan. Maka dalam tips memelihara anjing kebutuhan dasar ini dilarang sampai diabaikan, walaupun hanya satu hari, karena hewan ini dapat sakit jika tidak memperoleh pasokan makanan dan minum.

Supaya tetap sehat,  piaraan perlu memperoleh makanan segar serta air setiap harinya. Anak-anak anjing makan tiga kali sehari, sementara dewasa biasanya hanya makan dua kali sehari. Selalu sediakan air segar dan bersih supaya peliharaan dapat minum kapapun merasa haus.

Siapkan tempat istirahat

Meskipun mempunyai hubungan dengan serigala, tetap saja anjing ialah binatang yang bisa dijinakkan dan menikmati kenyamanan rumah, seperti halnya manusia.

Anjing memerlukan tempat bersih, kering, dan hangat untuk beristirahat di malam hari. Terlepas apakah piaraan tidur di dalam rumah atau di luar rumah, harap untuk memastikannya memperoleh tempat beristirahat tertutup dengan suhu udara tetap.

Jaga keamanan rumah untuk anjing

Pada tips memelihara anjing selanjutnya adalah menyingkirkan semua benda atau mainan dari lantai tempatnya menghabiskan waktu. Jika ingin membatasi ruangan pada rumah, maka beli supaya pembatas yang umum dipakai untuk bayi atau tutup pintu ruangan tersebut.

Jauhkan juga segala pembersih rumah serta bahan yang dapat berbahaya bagi anjing.

Gunakan perabot rumah seperlunya

Bagi pemilik rumah yang gemar beli pernak – pernik kecil sebagai hiasan atau perabotan-perabotan berbahan kaca, keramik, dan bahan fragile yang lain, agaknya wajib berpikir ulang membudidayakan anjing.

Pasalnya, anjing sendiri suka berlarian dan menyenggol banyak barang ketika sedang bermain. Sehingga, jika rumah dipenuhi dengan perabotan pecah belah, siap-siap dengan risiko yang akan diterima.

Selain itu, rumah dengan perabotan berlebih bukan cara membudidayakan anjing yang bagus. Sebab, ruang geraknya di dalam rumah jadi sangat jarang, hingga bisa menjadikannya stress.

Perhatikan suhu dalam rumah

Bukan cuma perabotan saja, seandainya ingin membudidayakan anjing maka wajib memperhatikan suhu yang ada di dalam ruangan rumah. Perlu diketahui, binatang ini juga sangat sensitif terhadap panas, hewan ini bisa kepanasan dan merasa kurang nyaman jika suhu ruangan terlalu tinggi.

Selain itu, anjing tidak mempunyai pori-pori, sehingga tak mungkin berkeringat. Caranya mengatur suhu tubuh ialah dengan membuka mulut dan menjulurkan pengecapnya.

Latihlah Buang Air di Luar Rumah

Anjing wajib dilatih supaya bisa berak di luar rumah. Cara paling mudah yang dapat dilakukan ialah ketika masih kecil. Namun jika sudah besar, maka memerlukan penanganan terbaik seperti sebuah cara berikut ini.

  • Bawa anjing pergi jauh dari rumah beberapa kali sehari dan tetap dampingi ketika berak lalu berikan kebanggaan dan imbalan berupa makanan ketika bisa berak diluar.
  • Saat anjing melakukan gerakan ingin berak di dalam rumah, maka tunjuk ke arah pintu sambil mengucapkan keluar atau angkat lalu segera bawa keluar.
  • Lakukan setiap hari sampai bisa berak sendiri serta harap untuk memastikan untuk selalu memberi pujian dan imbalan setiap kali bertingkah laku baik.
  • Hindari memukul pantat atau memarahi anjing ketika berak di dalam karena hanya menjadikannya merasa takut pada pemilik dan mengakibatkan peliharaan¬† depresi.

Ajaklah anjing bermain

Anjing mempunyai sifat umum yang bagus sehingga dapat bermain bersama anak anak. Namun untuk beberapa tipe juga senang menggigit atau mencakar kuat ketika bermain.

Sehingga penting untuk memberikan pelatihan anjing supaya bisa bermain dengan baik seperti cara membuatnya berhenti menggigit.

Berikan imbalan saat anjing bisa bermain dengan baik dan abaikan ketika mulai menggigit. Nantinya akan belajar jika bertingkah laku baik ialah hal menyenangkan.

Membawa anjing ke tempat menyenangkan

Anjing bisa menjadi sahabat yang mengasyikkan yang bisa dibawa ke tempat-tempat yang pemilik sukai, seperti taman, pantai, atau sekadar lingkungan tempat tinggal.

Seperti halnya manusia, anjing senang berjalan-jalan, sehingga dengan membawanya berjalan-jalan akan sama-sama menikmati waktu bersama dan mempererat ikatan antara pemilik dan piaraan.

Jika membawa anjing di dalam kendaraan beroda empat, bukalah jendela kendaraan beroda empat sehingga piaraan dapat menikmati udara segar. Namun harap untuk memastikan tidak membuka jendelanya terlalu besar supaya tidak melompat keluar.

Apabila membawa piaraan ke tempat-tempat yang pemilik sukai, harap untuk memastikan mengikuti peraturan pemakaian tali kekang atau rantai dan perhatikan tempat-tempat dimana anjing tidak bisa masuk.

Pertolongan Pertama Jika Terkena Gigitan Anjing

Biarkan piaraan mengenal anjing lain

Saat anjing mempunyai waktu untuk dapat bertemu dan berinteraksi bersama orang dan anjing lain, maka akan belajar untuk bersikap lebih ramah dan terbuka.

Cara bagus untuk mensosialisasikan anjing ialah dengan membawanya ke taman anjing, di mana piaraan berkesempatan untuk bermain dengan anjing lain dan penyayang anjing.

Latih supaya tidak sering menggonggong

Banyak pemilik anjing yang kerap bermasalah dengan anjing yang terlalu sering menggonggong dan dapat menjadi gangguan sehingga wajib dihentikan ketika semakin tidak terkendali sehingga cara membuatnya berhenti menggongong wajib segera dikerjakan.

  • Hindari berteriak pada anjing saat menggonggong sebab piaraan akan berpikir jika pemilik sedang menggonggong bersamanya.
  • Singkirkan barang atau sesuatu yang mengakibatkan anjing sering menggonggong dan tutup tirai jika melihat sesuatu di luar.
  • Berikan imbalan setiap kali piaraan bisa berhenti untuk menggonggong.

Mandikan anjing

Tips memelihara anjing berikutnya adalah memandikan anjing. Tidak seperti manusia, hewan ini hanya perlu mandi sesekali seperti saat bau, terkena feses dan sebagainya. Pastikan untuk menggunakan shampo bebas bahan tidak alami yang dapat mengiritasi kulit tubuhnya dan lebih berkualitas gunakan shampo khusus anjing,

  • Buat aktivitas mandi serasa nyaman dengan menggunakan air hangat.
  • Anjing sangat senang berlari sesudah mandi sehingga tentukan waktu terbaik untuk mandi supaya bisa berlari leluasa.

Beri vaksin

Anjing sangat memerlukan vaksinasi agar tidak mengalami rabies dan infeksi serta bakteri. Pastikan pemilik membawa anjing ke dokter binatang untuk mendapatkan vaksinasi terbaik.

Vaksinasi sangat perlu untuk menghindarkan bermacam-macam penyakit berbahaya yang menjadi salah satu hal yang menyebabkan anjing mogok makan.

Perhatikan larangan makanan untuk anjing

Tidak semua tipe makanan bisa dimakan oleh anjing sebab terdapat beberapa makanan yang dapat mempunyai sifat racun ketika dimakan sehingga wajib dihindari.

Coklat: dalam coklat mengandung tipe kafein yang dapat membuat detak jantung anjing berdetak semakin cepat, sakit perut, agitasi sangat parah, tremor otot, suhu tubuh meningkat, kejang dan kematian.

Anggur: anggur ada baiknya tidak disediakan pada anjing karena dapat merusak ginjal anjing.

Bawang: mengandung senyawa berbahaya yang dapat merusak sel darah merah sehingga memerlukan transfusi darah.

Bagian tengah apel: bisa menjadi pemicu anjing pusing, susah bernafas, pingsan, hiperventilasi, shock dan koma.

Leave a Comment