Tips Memilih Ikan Segar

Ikan menyimpan segudang nutrisi yang berguna bagi kesehatan, tapi kandungan nutrisi ini tidak lagi optimal bila mengonsumsinya dengan kualitas telah menurun.

Tips Lengkap Memilih Ikan Segar

Ikan yang tidak lagi segar termasuk dalam tempat berkembangbiak ideal bagi beraneka macam bakteri. Bakteri-bakteri ini dapat mengontaminasi makanan sehingga menjadi pemicu gangguan kesehatan, bahkan keracunan makanan.

Guna menghindari hal ini, berikut ialah cara menentukan ikan segar yang dapat diterapkan.

Ikan berkualitas rendah mempunyai beberapa ciri yang membedakannya dengan ikan segar. Para pembeli mungkin pernah menemukan dengan aroma amis serta tekstur lunak, tapi ini bukanlah satu-satunya tanda bahwa kualitas ikan telah menurun. Berikut ialah beberapa hal yang perlu dicermati.

Aroma ikan

Ikan punya kualitas bagus mempunyai bau khas yang segar dan ringan. Bau yang menguar dari ikan segar tak mengacau penciuman ataupun terasa aneh. Sebaliknya aroma amis yang menyengat menandakan bahwa ikan tidak lagi segar.

Ikan tersebut juga telah tidak ada tindakan terlalu lama dalam suhu ruang dan telah mulai mengalami pembusukan.

Daging

Pada ikan segar dagingnya masih terlihat jernih dengan warna translusen cerah. Beberapa tipe mempunyai warna daging putih terang, tapi ada juga tipe dengan warna tidak sama. Apa pun tipe yang dipilih, harap untuk memastikan bahwa warnanya cerah dan tidak kusam.

Ikan segar mempunyai tekstur halus, tapi cukup kenyal serta bisa kembali ke bentuknya semula setelah ditekan. Seluruh dagingnya juga melekat kuat pada tulang. Berbeda dengan ikan segar, daging yang kualitasnya menurun berwarna kusam. Teksturnya pun menjelma lebih lunak.

Mata

Mata ikan segar masih terlihat terang dan jernih dengan warna hitam pada bagian tengahnya. Permukaannya pun terasa menonjol dan kenyal saat diraba.

Sebaliknya matanya tidak segar masih terlihat mengerut dan keruh. Bagian mata yang sewajibnya berwarna putih kekuningan juga berubah warna lebih kemerahan.

Perut

Cara lain untuk menentukan ikan segar ialah dengan menekan bagian perutnya. Perut ikan segar terasa kenyal saat ditekan dan dapat kembali ke bentuknya semula.

Sementara itu ikan berkualitas rendah mempunyai tekstur perut lunak. Isi perutnya juga dapat terburai secara gampang saat menekannya.

Insang

Angkatlah penutup insang pada sisi kepala ikan. Ikan yang baru ditangkap mempunyai insang berwarna merah masih terlihat bersih dan segar. Semakin merah warna insang, maka semakin baik kualitasnya.

Insang berwarna kecokelatan atau keabuan dengan bagian insang masih terlihat terpisah satu dengan lainnya menandakan bahwa kualitasnya telah menurun.

Kulit serta sisik

Salah satu cara mudah menentukan ikan segar ialah dengan mengamati warna kulit dan sisiknya. Kulit ikan punya kualitas bagus masih terlihat mengkilat dengan warna terang.

Sisiknya pun masih melekat dengan kuat pada badan dan sangat sulit lepas saat ditarik. Sementara itu ikan berkualitas rendah mempunyai kulit dan sisik masih terlihat kusam. Saat dipegang, sisiknya juga mudah terlepas.

Sirip serta ekor kuat

Begitu pula dengan sirip dan ekor. Ikan yang masih segar, ekor dan siripnya akan terasa kencang/melekat kuat pada tubuhnya. Ciri-ciri ikan segar lain ialah, siripnya masih utuh (tidak ada yang robek), lalu nampak basah (tidak kering).

Perhatikan serat ikan

Tips menentukan ikan segar berlaku untuk tekstur dagingnya berserat, seperti salmon. Salmon umumnya dijual dengan bentuk yang sudah difilet atau dipotong-potong biasa.

Jenis ini mempunyai guratan berwarna putih pada dagingnya. Jika tidak mendapati guratan putih tersebut, dan daging nampak sepenuhnya merah, bisa saja besar salmon tersebut telah diwarnai agar nampak segar.

Tips lain ialah, lihat kulit salmon. Ikan segar umumnya mempunyai bercak terang di kulitnya. Dagingnya juga lunak (bukan lembek, tapi tidak juga keras).

Dikemas dengan baik

Jika membeli ikan beku di swalayan, pasti ikan tersebut akan dibungkus oleh plastic wrap. Teknik pembungkusan seperti ini merupakan yang terunggul untuk ikan beku.

Apabila mendapati ikan yang dibungkus oleh plastik biasa, misalnya plastik untuk buah, maka hindari muntuk membelinya.

Pilihlah frozen fish

Tips menentukan daging ikan beku: pertama, seperti telah dibahas di atas, kalau ikan wajib dikemas dengan baik (kedap udara). Kedua, pilihlah daging padat dan warnanya mengkilap.

Ketiga pilih ikan yang basah (tidak kering karena terkena pendingin), jika ada bagian kering maka menandakan kalau sudah tidak segar.

Terakhir ikan beku yang sudah dicairkan (thawing) wajib segera dikonsumsi, jangan dibekukan kembali karena akan menurunkan mutu, kecuali setelah diolah japada makanan.

Tips memilih ikan hidup

Tips menentukan ikan segar ini berlaku jika membeli ikan hidup. Pilihlah yang hidup di dalam akuarium berair jernih. Jika airnya terus mengalir dan diganti dengan air baru, akan jauh lebih berkualitas lagi.

Lalu lihatlah cara ikan tersebut berenang. Jika berenang di dasar akuarium, maka ikan tersebut masih sangat segar. Jika berenang mendekati permukaan air, maka ikan tersebut sudah terlalu lama di dalam akuarium.

Tips penyimpanan ikan

Berikut tips untuk menyimpan ikan segar agar lebih awet :

  • Segera cuci ikan yang baru dibeli. Walaupun membelinya dari supermarket dan telah dimasukkan ke dalam bungkus kedap udara, usahakan untuk mencucinya sebelumnya sebelum memasukkannya ke dalam freezer.
  • Buang beberapa bagian yang tidak diperlukan seperti sisik, insang, dalaman perut, sirip, dan ekor. Namun jika ingin ada sirip dan ekornya juga tidak jadi persoalan.
  • Beri perasan lemon/jeruk nipis. Jika tidak ada dapat memakai cuka yang sudah dilarutkan dengan air. Langkah ini memiliki kegunaan untuk membasmi aroma amisnya.
  • Lumuri ikan dengan garam secukupnya. Selain untuk menambahkan rasa, garam juga dapat membuatnya jadi lebih tahan lama.
  • Simpan ikan di dalam boks/plastik kedap udara. Jika tidak ada dapat memakai plastik zip lock. Cara membuat plastik zip lock menjadi kedap udara ialah, siapkan mangkuk agak dalam, lalu isi air. Celupkan plastik berisi ikan hingga sebatas tutup zip lock. Setelah itu tutup zip lock, dan sudah berhasil membuat plastik kedap udara.
  • Ketika akan dimasak cukup ambil ikan dengan jumlah yang akan digunakan, jangan mengeluarkan seluruhnya dari freezer. Lalu biarkan ikan agak mencair dalam suhu ruangan sebelum dimasak.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!