Manfaat Vitamin C Untuk Kucing

Manfaat Vitamin C untuk Kucing atau Kitten – Sama halnya dengan manusia, kucing juga membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatannya. Vitamin sangat dibutuhkan terutama kucing dengan jenis persia, anggora, maine coon bahkan kampung. Pemberian vitamin pada kucing atau kitten akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan aktif.

Terdapat berbagai manfaat yang di dapat dengan memberikan vitamin yang sesuai, serta takaran yang pas dan tepat. Ditakutkan jika pemberian vitamin secara berlebih akan berakibat kondisi yang sebaliknya.

manfaat-vitamin-c-kucing-kitten

Vitamin C sangat kaya akan manfaat yang dapat diambil walaupun sebenarnya dapat diproduksi di dalam tubuh kucing dengan sendirinya. Tapi ada kalanya kucing / kitten membutuhkan lebih banyak kandungan vitamin, Khususnya saat menjalani proses penyembuhan dari serangan penyakit:

1. Meningkatkan Metabolisme Karena Zat Besi

Vitamin terutama C sangat penting buat tubuh kucing, karena sangat berguna untuk membantu proses terbentuknya metabolisme zat besi dalam tubuh. Zat besi berguna untuk menjaga kesehatan jaringan dan sel sehingga proses pertumbuhan pada kucing.

Ketika kucing kekurangan zat besi membuatnya sangat mudah terkena berbagai serangan penyakit serius. Ada baiknya  menjadwal pemberian vitamin sehingga tidak akan kekurangan zat besi.

Ciri ciri kucing anggora mau melahirkan

2. Menetralisir Radikal Bebas

Khasiat vitamin C selanjutnya yaitu dapat membantu menetralisir radikal bebas pada kucing.  Semakin sering kucing terpapar radikal bebas akan membuatnya lebih mudah terkena serangan penyakit.

Apalagi penyakit yang disebabkan radikal bebas rata-rata merupakan penyakit organ dalam. Mengkonsumsi vitamin secara rutin akan membuatnya lebih kebal terhadap serangan kangker dan tumor yang biasa disebabkan oleh radikal bebas.

3. Membantu Meregenerasi Vitamin E

Vitamin C berguna membantu proses regenerasi vitamin E, yang sangat penting sebagai penunjang reproduksi. Jika sampai mengalami kekurangan vitamin E maka membuat proses perkembangbiakan menjadi terganggu.

Hal ini tentu sangat merugikan apabila ingin menambah jumlah kucing peliharaan. Dengan bantuan Vitamin C maka manfaat vitamin E dapat diperoleh dengan maksimal dan mengurangi kondisi kekurangan vitamin.

4. Mengaktifkan Sistem Pertahanan Tubuh

Diantara khasiat vitamin C yaitu sebagai perisai kucing, untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Kurangnya vitamin akan membuat kucing, lebih sering terkena penyakit dari sekitarnya.

Selain sebagai imunitas ( sistem pertahanan tubuh), Vitamin tipe C juga berperan sebagai sumber Antioksidan kucing / kitten. Antioksidan berguna untuk menangkal zat – zat berbahaya didalam tubuh.

Zat berbahaya bisa masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dimakan atau diminum kucing.

5. Regenerasi (Membantu Proses Penyembuhan)

Fungsi vitamin C yang utama pada kucing adalah Regenerasi. Regenerasi merupakan proses penyembuhan setelah terserang penyakit. Dengan mengkonsumsi vitamin kucing atau kitten dapat dengan cepat menyembuhkan diri.

Proses penyembuhan yang cepat akan membuat kuman / bakteri sulit masuk. Selain sulit masuk, bakteri juga dapat dihalau karena kandungan antioksidan yang juga terdapat dalam vitamin.

Vitamin C dapat membantu mengobati infeksi pada kucing. Infeksi yang ringan jika tidak segera di obati akan menjadi serius. Proses penyembuhan dari infeksi ringan dapat segera sembuh dengan bantuan kandungan dalam vitamin.

6. Pencegahan Radang Gusi (scorbut)

Radang gusi ( scorbut) merupakan penyakit meradang atau gusi berdarah, penyakit scorbut kucing memilki gejala gusi berdarah dan perilaku lebih galak saat dipegang.

Vitamin C dapat mencegah radang gusi (scorbut) di kucing. Kandungan vitamin  dapat menangkal kuman / bakteri bersarang dalam gigi. Antioksidan juga berperan penting dalam proses pencegahan penyakit scorbut.

Mungkin hanya ini sedikit 8 Manfaat Vitamin C untuk Kucing atau Kitten, karena kaya akan manfaatnya vitamin  sangat bagus untuk kesehatan kucing kitten. Tapi harus sesuai takaran dalam pemberian, berlebihan itu pasti menimbulkan efek tidak baik.

Jika sobat mempunyai info yang lebih spesifik atau mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan di komentar.

3 thoughts on “Manfaat Vitamin C Untuk Kucing”

  1. Kak apakah vitamin c juga baik untuk kucing yang sudah beberapa hari keracunan dan tidak nafsu makan? Makasih banyak atas infonya

    • kalau keracunan jangan dikasih vitamin C kak.
      coba dikasih air kelapa dulu sampai sembuh biasanya kalau keracunan akan muntah- muntah dan berangsur mau makan kok.
      kegunaan vitamin C cuma buat metabolisme agar kucing tetap sehat dan lincah.

Leave a Comment