Manfaat Belalang Untuk Kesehatan

Belalang merupakan serangga herbivore yang memiliki antena lebih pendek dari tubuhnya serta memiliki ovipositor pendek. Kebanyakan dari serangga ini memiliki sayap meskipun terkadang sayapnya tidak dapat digunakan untuk terbang. Belalang betina memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada jantan.

Belalang sangat menyukai hidup pada kawasan alam terbuka serta lembah dengan banyak rumput serta tanaman rendah lain, walaupun beberapa spesies lain hidup di hutan ataupun hutan belantara. Beberapa di antarnya berada di tebing, tanah, bebatuan lembab berlumut dan memakan lumut.

Manfaat Belalang Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak spesies belalang hidup di padang rumput sudah kerap menyerang ladang petani sekitar. Populasi yang berlebih akan sangat merugikan petani jika menyerang tanaman di perkebunan.

Di dalam agama islam belalang dan ikan laut merupakan hewan yang halal dimakan meskipun sudah menjadi bangkai.

Kandungan belalang ini mengandung protein sangat tinggi yang bisa membantu memberikan asupan gizi pada tubuh. Selain itu, serangga ini juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan juga tembaga.

Bahkan, tidak sekadar protein dan  mineral saja belalang juga mengandung bermacam-macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B2, B3, E dan C, asam folat hingga bermacam-macam asam lemak.

Belalang kayu mempunyai kadar protein jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tepung udang windu mencara rata 17,922 dan 9,846 %. Dengan begitu, bahwa kandungan pada belalang ini sangat tinggi juga diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan kesehatan.

Terdapat beberapa fungsi lain belalang bagi kesehatan tubuh diantaranya :

Mencerdaskan Otak

Belalang goreng memiliki kandungan protein tinggi sehingga sangat bagus untuk kecerdasan otak. Apalagi jika dimakan oleh anak-anak yang lagi dalam masa perkembangan. Tubuh anak-anak akan menyerap protein lebih banyak sehingga keperluan saraf yang berkecukupan dapat memicu anak mudah menyerap informasi.

Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium, kalium serta magnesium yang ada di dalam belalang dapat menjaga kesehatan pertulangan dengan baik, bahkan juga akan menyembuhkan masalah pertulangan seperti nyeri persendian, keseleo, dan bahkan juga kesemutan pada tulang.

Kandungan tersebut akan memenuhi asupun gizi pertulangan, sehingga tak mungkin membuat kondisi pertulangan akan defesiensi asupan gizi.

Menurunkan Kolesterol

Pada tubuh belalang mengandung protein tinggi namun rendah mineral dan kolesterol. Kolesterol dalam darah yang menumpuk dapat mengakibatkan plak di dinding arteri pada akhirnya menjadi penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Oleh karena itu, dalam satu ekor belalang goreng ialah solusi tepat bagi yang memiliki masalah dengan kolesterol.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Belalang goreng mengandung kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan. Kandungan inilah yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu, kepadatan tulang dan gigi akan terawat dengan baik, bahkan dapat menurunkan nyeri punggung pada ibu hamil. Konsumsi yang dikerjakan secara jangka panjang juga disinyalir mampu menghindarkan dari osteoporosis.

Baik Untuk Janin

Protein, kandungan mineral serta vitamin yang lengkap serta asam lemak esensial dengan kandungan dalam belalang goreng dapat membantu pertumbuhan janin dalam perut ibu.

Namun, sebelum ibu hamil mengonsumsinya, sebisa mungkin berkonsultasi sebelumnya pada dokter mengenai porsi yang sesuai dengan keperluan janin.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Dengan adanya kandungan tersebut dalam belalang, akan membentuk kemudian menguraikan menjadi kandungan antioksidan serta bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, akan membantu menghambat dan menurunkan serangan dari beraneka macam penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Belalang juga dapat berguna untuk menyehatkan mata. Kandungan vitamin A  dalam belalang tipe apapun akan membantu meningkatkan kesehatan mata dengan menjaga dan memantau saraf mata dengan baik.

Kandungan vitamin A ini juga mempunyai peranan yang sangat perlu untuk menghambat resiko perkembangan sel kanker dan meningkatkan kandungan antioksidan di dalam tubuh.

Mengobati Ambient atau Wasir

Ambien merupakan gangguan yang terjadi di dekat anus. Ambien akan menimbulkan rasa kurang nyaman saat duduk, sakit saat BAB atau bahkan dapat memicu perdarahan.

Namun, siapa sangka jika penyakit ambien atau wasir dapat diobati hanya dengan memanfaatkan daging belalang. Adalah buku pintar kedokteran nabi karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah memaparkan bahwa belalang bisa dijadikan sebagai obat ambien yang mujarab.

Mencegah Anemia

Pada serangga satu ini terdapat kandungan zat besi tinggi yang berguna untuk memproduksi sel darah merah. Mengkonksumsi daging belalang akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jika sel darah merah diproduksi dalam jumlah cukup, maka tubuh akan dapat menghindari bahaya anemia.

Meregenerasi Sel Rusak

Kandungan protein dan vitamin di dalam daging belalang sangat berkhasiat untuk membangun kembali sel tubuh yang rusak. Protein akan membantu tubuh meregenerasi otot rusak akibat aktivitas berat.

Di dalam tubuh belalang juga mempunyai kandungan vitamin B, B1, B2, B6 dan B12 komplek bisa berguna untuk melancarkan pencernaan dengan meningkatkan produksi asam klorida yang bisa memecah lemak, protein, dan karbohidrat.

Mengencangkan Kulit

Kandungan protein yang tinggi dipadukan dengan vitamin E yang juga banyak terdapat dalam daging belalang, terbukti sebagai obat ampuh untuk meremajakan kulit. Buat yang telah menginjak kepala dua, belalang goreng bisa menjadi alternatif perawatan kulit dari dalam.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Update

Leave a Comment

error: Content is protected !!